Halaman Aktif

Selamat Datang

Belajar Perlindungan Tanaman adalah blog baru yang sedang dibuat untuk mendukung mahasiswa Faperta Undana mempelajari mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Pada saat ini blog belum selesai dikerjakan sehingga hanya menyedaiakan fitur layanan secara terbatas. Silahkan kunjungi blog lama untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan yang akan diberikan melalui blog baru ini. Bila Anda adalah mahasiswa peserta mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman semester genap Tahun Ajaran 2018/2019, Anda wajib membaca materi sebelum mengikuti kuliah dan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan singkat di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan. Baca tanggal tenggat penyampaian komentar di bagian bawah setiap materi kuliah.

Pemberitahuan

Diberitahukan bahwa pada Jumat, 8 Maret 2019, dosen Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D. tidak dapat hadir memberikan kuliah tatap muka karena bertugas ke luar kota. Kuliah dengan materi 2.3. Berbagai Jenis OPT Golongan Gulma, Tumbuhan Parasitik, dan Tumbuhan Invasif akan diberikan oleh dosen Ibu Ethin Namas, SP, MSi. Mahasiswa diminta mengikuti perkuliahan dan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan mengenai materi kuliah selambat-lambatnya pada Jumat, 15 Maret 2019. Mahasiswa yang tidak menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan melewakti batas waktu tersebut tidak akan memperoleh nilai softskill.

Selasa, 15 Oktober 2013

Menggunakan Kunci Lucid Java untuk Mengidentifikasi OPT

Print Friendly and PDF Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire Identifikasi OPT merupakan aspek penting dalam perlindungan tanaman. Identifikasi OPT diperlukan untuk menentukan spesies OPT yang merusak tanaman. Penentuan spesies OPT perlu dilakukan untuk menentukan cara pengendalian yang harus dilakukan. Pengendalian OPT dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi pengendalian OPT spesies tertentu hanya dapat dilakukan secara efektif dengan menggunakan cara yang tepat untuk spesies OPT yang bersangkutan. Sebelum melanjutkan membaca, perlu dipahami bahwa identifikasi dapat diperlukan untuk mengetahui spesies OPT baru yang sebelumnya belum pernah dideskripsikan atau untuk mengetahui spesies yang sudah dideskripsikan sebagai OPT pada tanaman tertentu. Identifikasi yang diuraikan pada tulisan ini merupakan identifikasi kategori kedua.

Identifikasi dilakukan dengan menggunakan kunci identifikasi. Ada bermacam-macam kunci identifikasi, di antaranya adalah kunci dikotomus dan kunci multi-akses. Kunci dikotomus menyediakan pilihan biner (dua-dua) karakteristik organisme yang harus dipilih salah satu untuk meneruskan ke langkah berikutnya. Saya akan menguraikan cara penggunaan kunci kategori ini pada tulisan lain. Pada tulisan ini saya akan menguraikan kunci identifikasi multi-akses terkomputerisasi yang dirancang dengan menggunakan program aplikasi Lucid sehingga dikenal sebagai kunci Kucid. Untuk menjalankan kunci Lucid diperlukan program Java sehingga kunci ini juga dikenal sebagai kunci Lucid Java. Banyak kunci Lucid Jawa tersedia secara online dan gratis sehingga dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa yang memerlukan dukungan identifikasi OPT.

Saya menguraikan penggunaan kunci Lucid Java dengan menggunakan contoh kunci Lucid Java untuk mengidentifikasi hama jeruk yang dikembangkan oleh IDTools. Lembaga yang sama juga telah mengembangkan kunci Lucid Java untuk mengidentifikasi spesies dan kultivar jeruk serta kunci identifikasi penyakit jeruk. Selain itu, IDTools juga telah mengembangkan kunci identifikasi untuk berbagai organisme lain. Silahkan periksa, siapa tahu nanti ketika Anda menyusun skripsi, Anda perlu mengidentifikasi OPT dan memerlukan kunci identifikasi dari IDTools tersebut. Jauh akan lebih mudah bila Anda mulai membiasakan diri menggunakan kunci identifikasi daripada baru mulai mempelajari ketika Anda menyusun skripsi.

Kunci identifikasi Lucid Java untuk hama jeruk dilengkapi dengan panduan pengenalan morfologi, galeri foto, dan daftar istilah. Sebelum melanjutkan, ada baiknya Anda terlebih dahulu mempelajari morfologi serangga OPT jeruk. Selain itu Anda juga perlu mempelajari istilah morfologi serangga dan melihat foto berbagai spesies serangga OPT jeruk. Hal ini perlu Anda lakukan karena kunci identifikasi Lucid Java menggunakan berbagai istilah morfologi, sebagian besar disertai dengan gambar atau bahkan foto. Selanjutnya Anda dapay membuka kunci identifikasi. Untuk membuka kunci Lucid Java, Anda perlu terlebih dahulu memasang program aplikasi Java di komputer Anda. Pada saat Anda mengklik utautan untuk membuka kunci Lucid Java akan ditanyakan apakah Anda membolehkan program Java dibuka dan bersedia menerima resikonya.
Peringatan untuk menjalankan Java. Silahkan jalankan dengan mengklik Alaways run on this site.
Peringatan lanjutan, silahkan klik kotak I accept the risk and want to run this app.
Tentu saja Anda harus menjawab untuk menjalankan agar bisa menjalankan kunci Lucid Java. Selanjutnya kunci Lucid akan ditampilkan seiring dengan tampilnya menu kotak menjalankan program:
Menu menjalankan program Lucid Java, silahkan tunggu sampai mencapai 100%

Kunci identifikasi Lucid Java terdiri atas menu yang disertai dengan bilah ikon. Menu terdiri atas Key, Features, Entities, dan View. Sebagian dari submenu dari menu tersebut ditampilkan sebagai ikon pada bilah ikon (icon bar) di bawah menu.
Menu dan bilah ikon
Di sebelah menu dan bilah ikon terdapat layar yang terbagi menjadi empat bagian. Silahkan klik untuk mempelajari apa yang dapat dilakukan dengan keempat menu tersebut beserta submenunya.

Bagian terpenting yang perlu Anda pahami dalam penggunaan kunci Lucid adalah layar yang terbagi menjadi empat bagian yang terdiri atas dua baris (atas dan bawah) dan dua kolom (kiri dan kanan) sebagai berikut:

  • Kotak atas sebelah kiri disebut kotak fitur tersedia (available features), memuat seluruh fitur yang digunakan untuk melakukan identifikasi.
  • Kotak atas sebelah kanan disebut kotak entitas tersisa (remaining entities), berisi spesies OPT yang masih tersisa setelah memilih satu atau lebih fitur pada kotak atas sebelah kiri. Sebelum satu fitur pada kotak fitur tersedia dipilih, kotak ini berisi seluruh spesies OPT yang dapat diidentifikasi dengan menggunakan kunci Lucid yang digunakan.
  • Kotak bawah sebelah kiri disebut kotak fitur terpilih (features chosen), berisi daftar fitur yang telah dipilih dari kotak fitur tersedia. Sebelum satu fitur pada kotak fitur tersedia dipilih, kotak ini kosong.
  • Kotak bawah sebelah kanan disebut entitas terbuang (entities discarded), berisi spesies OPT yang terbuang setelah satu atau lebih fitur dipilih pada kotak fitur tersedia. Sebelum satu fitur pada kotak fitur tersedia dipilih, kotak ini kosong.
Layar yang terbagi menjadi empat bagian, dari atas kiri mengikuti arah jarum jam: fitur tersedia, entitas terpilih, entitas terbuang, dan fitur terpilih

Perhatikan kotak fitur tersedia. Tersedia 11 fitur utama yang dapat dibuka dengan mengklik tanfa + di sebelah kanannya untuk mengakses fitur. Satu fitur utama, yaitu kelompok utama OPT (major pest groups), selain mempunyai fitur untuk dipilih, juga mempunyai fitur kuantitatif panjang badan yang dapat diisikan pada kotak yang tersedia. Silahkan klik tanda plus di depan fitur utama kelompok utama OPT, maka akan tampak fitur ordo serangga Hemiptera, Lepidoptera, Coleoptera, Thysanoptera, Diptera, Hymenoptera, dan Orthoptera yang merupakan ordo serangga yang mempunyai spesies yang berstatus OPT pada jeruk. Di bagian depan setiap nama ordo terdapat kotak yang tersedia untuk dipilih dengan cara mengklik. Silahkan klik kotak di depan nama ordo Hemiptera dan perhatikan apa yang terjadi pada kotak fitur terpilih, entitas tersisa, dan entitas terbuang.
Layar setelah 1 dari 11 fitur utama pada kotak fitur tersedia dipilih, yaitu  fitur Hemiptera dari fitur utama kelompok utama OPT
Setelah satu fitur Hemiptera pada fitur utama kelompok utama OPT dipilih, fitur tersebut dengan sendirinya tampil pada kotak fitur terpilih (bawah sebelah kiri). Pada kotak entitas tersisa (atas sebelah kanan) tersisa 21 spesies OPT dan pada kotak entitas terbuang (bawah sebelah kanan) terbuang 32 spesies OPT dari keseluruhan 53 spesies OPT jeruk yang dapat diidentifikasi dengan menggunakan kunci Lucid yang digunakan.

Selanjutnya pilih satu fitur utama lagi pada kotak fitur tersedia, misalnya klik tanda + di sebelah kiri fitur utama bentuk tubuh bersayap (Winged body shapes) dan kemudian pilih fitur kutu loncat (Psyllids).
Layar setelah 2 dari 11 fitur utama pada kotak fitur tersedia dipilih, yaitu  fitur Hemiptera dari fitur utama kelompok utama OPT dan fitur kutu loncat dari fitur utama bentuk tubuh bersayap
Setelah satu lagi fitur dipilih, yaitu fitur kutu loncat pada fitur utama bentuk tubuh bersayap,  fitur yang dipilih dengan sendirinya tampil pada kotak fitur terpilih (bawah sebelah kiri). Pada kotak entitas tersisa (atas sebelah kanan) kini tersisa hanya 2 spesies OPT dan pada kotak entitas terbuang (bawah sebelah kanan) terdapat 51 spesies OPT. Tugas Anda sekarang tinggal memilih dua spesies OPT yang tersisa pada kotak entitas tersisa. Untuk memilih satu di antara kedua spesies OPT yang tersisa tersebut, Anda dapat memilih satu fitur pada salah satu fitur utama yang tersedia pada kotak fitur tersedia. Silahkan coba sendiri sampai yang tersisa pada kotak entitas tersisa hanya satu spesies OPT.

Misalkan setelah Anda mencoba tersisa satu spesies OPT, yaitu kutu loncat jeruk asia Diaphorina citri. Sekarang geser layar penuh ke atas sehingga di bagian bawah tampak tepi bawah kotak pada baris bawah. Di bagian bawah kedua kotak terdapat tab Trees dan Lists di bagian bawah kotak sebelah kiri dan Trees, Lists, dan Images di bagian bawah kotak sebelah kanan. Mengkilik tab lists akan menyebabkan item pada kedua kotak di atasnya ditampilkan dalam bentuk daftar, mengklik tab trees akan mengembalikannya ke tampilan dendogram (diagram cabang). Mengklik tab Images akan menampilkan gambar spesies yang tersisa pada kotak entitas tersisa. Gambar juga akan ditampilkan dengan mengklik kotak gambar di depan setiap nama spesies OPT yang masih ada di dalam kotak tersisa.
Foto kutu loncat jeruk asia Diaphorina citri

Untuk memperoleh deskripsi kutu loncat jeruk asia tersebut, silahkan klik menu Factsheet sehingga tampil layar Factsheet:
Layar utama menu Facksheet
Pada bagian atas layar tampil abjad a, b, c, d, e, dan seterusnya untuk diklik guna menampilkan nama umum serangga (dalam bahasa Inggris) hasil identifikasi. Kutu loncat jeruk asia yang nama bahasa Inggrisnya dimulai dengan huruf a (asian citrus psyllid), namanya dengan sendirinya tampil pada layar utama. Silihkan klik nama tersebut untuk memperoleh deskrisp lengkap spesies OPT yang bersangkutan disertai dengan sejumlah foto yang dapat diklik untuk memperbesar.
Layar deskripsi OPT kutu loncat jeruk asia Diaphorina citri

Setelah mempelajari penggunaan kunci Lucit Java untuk mengidentifikasi OPT golongan hama (serangga) pada jeruk sebagaimana yang saya uraikan di atas, mungkin Anda bertanya, apakah kunci tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi seluruh OPT golongan serangga. Jawabannya tentu saja tidak sebab kunci identifikasi tersebut dibuat untuk mengidentifikasi OPT golongan serangga pada tanaman jeruk di Amerika Serikat. Untuk mengidentifikasi seluruh spesies OPT golongan serangga pada tanaman jeruk yang terdapat di Indonesia perlu dibuat kunci Lucid tersendiri. Sampai saat ini kunci identifikasi seperti itu belum tersedia, mungkin karena para doktor dan profesor bidang taksonomi dan bidang hama jeruk semuanya sangat sibuk. Atau mungkin juga karena mereka semuanya berpendidikan linier, sebagaimana diharuskan pemerintah Indonesia, sehingga tidak ada yang mengerti merancang kunci identifikasi dengan menggunakan bahasa Lucid atau bahkan sama sekali tidak mengerti pemorograman komputer.

Tautan Luar:
Kunci identifikasi Lucid Java lainnya dari IDTools: mikrolepidoptera pada tanaman Solanaceae, capung ordo Anastrepha dan Toxotrypana, semut, aphis, hama dan penyakit pada tanaman jeruk, kumbang genus Diabrotica, tungau pipih, nimfa dan imago belalang AS bagian Barat, kumbang hispines, tungau invasif, Lepidoptera California, pink ballworm pada kapas, semut invasif di pulau-pulau Samudra Pasifik, hama dan penyakit pada tanaman palma, keong darat, famili kutu sisik, kutu sisik lunak, kutu sisik lainnyakutu putihgenus kumbang penggerek kulit batang AS, kumbang penggerek kulit batang di bagian Tenggara AS, kumbang penggerek kulit batang: Ironclad dan Cylindrical, kumbang Cerambycidae, kumbang penggerek ranting, kumbang penggorok kayu, kumbang Ambrosia Xyleborini
Kunci identifikasi Lucid untuk Android: ordo serangga, gulma lingkungan Australia

15 komentar:

  1. Antonia S. W. Weke18 Oktober 2013 pukul 23.30

    menurut saya pak,,,,oerganisme merupakan suatu organ yang dapat berkembang biak dan peka terhadap alam sekitar. organisme sangat beragam supaya bisa saling melengkapi antara organisme yang satu dengan organisme yang lain.

    BalasHapus
  2. steven ignasius tani5 November 2013 pukul 17.13

    menurut saya, mengunakan kunci lucid java sangat membantu karena dalam kunci lucid java saya dapat mengetahui bagaimana deskripsi dari beberapa serangga yang ada di asia bahkan saya dapat memilih beberapa serangga yang dapat menjadi vektor dan dapat membuat deskripsi sampai mendetail dan juga kunci lucid java menyediakan gambar-gambar dari deskripsi yang ada pada serangga tersebut maka akan membantu saya dalam mengerjakan tugas dari dosen-dosen yang bersangkutan.

    BalasHapus
  3. steven ignasius tani5 November 2013 pukul 17.17

    dalam hal ini tidak menulis tentang bagaimana cara kita mengetahui banyaknya organisme melainkan dalam tulisan ini ditulis bagaimana cara menggunakan kunci lucid java dan mendeskripsikan serangga

    BalasHapus
  4. menurut saya, kunci lucid java sangat membantu dalam mengidentifikasi OPT-OPT yang menyerang suatu tumbuhan tertentu maupun OPT yang sebelumnya belum pernah di deskripsikan. kunci lucid java sangat membantu kami khususnya mahasiswa untuk mengidentifikasi OPT karena kunci lucid java dilengkapi gambar dan mendeskripsi OPT secara mendetail.

    BalasHapus
  5. Antonia S. W. Weke6 November 2013 pukul 17.49

    Menurut saya,kunci lucid java ini,sangat membantu kami khususnya mahasiswa yang memprogram mata kuliah Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman dalam memahami identifikasi dari beberapa jenis organisme pengganggu tanaman.Dan juga dapat menambah wawasan kami mengenai organisme pengganggu tanaman.

    BalasHapus
  6. menurut saya, materi ini sangat membantu kami khususnya mahasiswa fakultas pertanian karena, kita dapat mengidentifikasi organisme pengganggu tumbuhan yang ada pada tumbuhan dan juga yang sedang menyerang satu tanaman tersebut.

    BalasHapus
  7. wilfridus wila talo6 November 2013 pukul 23.24

    menurut saya ,dengan adanya program kunci lucid java ini,sebagai mahasiswa pertanian kami sangat senang dengan program in,walaupun saya belum mampu menerapakan program tersebut,setalah membaca materi ini,saya berpikir dengan adanya kunci lucid java kami mahasiswa bisa mengetahui dengan mudah spesies-spesies organisme penggangu tumbuhan.

    BalasHapus
  8. program kunci lucid java sangat bagus untuk mengidentifikasi jenis OPT tertentu dan juga sangat bagus untuk fakultas pertanian dan untuk penelitian karena kita tidak perlu masuk ke lap berlama -lama hanya untuk mengidentifikasi jenis OPT yang menyerang tanaman yang ingin kita teliti dan memudakan mahasiwa dalam melakukan identifikasi.

    BalasHapus
  9. menurut saya program kunci lucid java sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi jenis OPT tertentu dan juga sangat berguna untuk fakultas pertanian dan untuk penelitian karena tidak perlu masuk ke lap berlama-lama dan juga mahasiswa lebih dimudakan untuk melakukan identifikasi

    BalasHapus
  10. Program kunci lucid java bagus dipelajari oleh mahasiswa dalam lingkungan pertanian

    BalasHapus
  11. Menurut saya bagi kita yang minatnya dilingkungan pertanianan harus mempelajari kunci lucid java,karna itu penting bagi kita

    BalasHapus
  12. Mengenai materi ini saya belum mengerti apa itu kunci lucid java

    BalasHapus
  13. Materi ini saya sudah memahaminya sedikit dari kunci lucid java

    BalasHapus
  14. menurut say kunci lucid sangat penting asalkan kita tau cara mengoperasilan kunci lucid tersebut

    BalasHapus
  15. menurut saya sangat penting untuk mengidentifikasi jenis serangga

    BalasHapus

Untuk mengomentari tayangan ini, silahkan tulis dan poskan di bawah ini ...

Daftar Istilah

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y,
Z, daftar istilah entomologi dari EartLife