Telusuri Blog

Selamat Datang

Terima kasih, Anda telah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat terutama untuk membantu mahasiswa mempelajari Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Bila Anda adalah mahasiswa semester ganjil tahun 2017/2018, silahkan mendaftar sebagai peserta kuliah dan memeriksa hasil mendaftar dengan mengklik tautan yang tersedia. Baca dengan seksama isi menu Smt. Ganjil 2017/2018 untuk mempersiapkan diri mengikuti kuliah. Bila Anda belum terbiasa menggunakan Internet, blog ini dibuat bukan untuk mempersulit Anda, melainkan untuk membantu Anda menjadi melek teknologi informasi, silahkan klik halaman Dukungan TI. Blog ini juga terbuka bagi siapa saja untuk berkunjung dan mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan pelindungan tanaman. Selamat menjelajah dan bergabung, mohon meluangkan waktu untuk membagikan melalui Google+, Facebook, Twitter atau lainnya dan menyampaikan komentar.

Navigasi Blog

Untuk memeriksa seluruh tulisan yang menjadi isi blog Dasar-dasar Perlindungan Tanaman, silahkan klik menu Daftar Isi. Bila Anda adalah peserta kuliah Semester Ganjil Tahun 2017/2018, Anda wajib membaca tulisan yang pada awal judulnya disertai angkai, mulai dari angka 1.1. dan seterusnya. Mahasiswa peserta kuliah Semester Genap Tahun 2017/2018 wajib menyampaikan komentar pada kotak komentar di bagian bawah tulisan. Komentar berisi uraian singkat mengenai apa yang Anda pahami dan/atau pertanyaan singkat mengenai yang belum dipahami. Halaman blog menyajikan hanya 5 tulisan termutakhir. Silahkan klik navigasi Posting Lama di bagian bawah tulisan blog untuk melihat tulisan lainnya.

Mendaftar sebagai Peserta Kuliah

Setiap mahasiswa peserta kuliah diwajibkan untuk mendaftar secara daring dengan mengisi formulir pendaftaran (klik untuk memulai). Silahkan lakukan login dengan menggunakan akun email sendiri sebelum mengisi formulir. Sesudah mengirimkan formulir pendaftaran, silahkan periksa hasil pendaftaran (klik untuk memeriksa). Pendaftaran ditutup pada Senin, 15 Maret 2018.

Jumat, 14 Maret 2014

Organisme Pengganggu Tumbuhan Bagian 3: Golongan Tumbuhan (Gulma)

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire Pernah mendengar istilah "Jeruk makan jeruk"? Tumbuhan juga bersaing sesama tumbuhan. Bila tumbuhan yang disaingi adalah tumbuhan budidaya atau tanaman sedemikian sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu sehingga produksinya berkurang maka tumbuhan yang menyaingi disebut gulma (weed). Gulma menyaingi tanaman dalam memperoleh kebuutuhan hidup yang mencakup ruang tempat tumbuh, air, unsur hara, dan sinar matahari. Selain menyaingi tanaman, gulma juga dapat mengkontaminasi hasil tanaman dengan bijinya, mempercepat penguapan air melalui transpirasi, menghambat aliran air irigasi, menyediakan makanan alternatif bagi binatang hama dan inang alternatif bagi patogen, dan bahkan menyediakan tempat bersembunyi dan bersarang bagi binatang hama tertentu. Oleh karena itu, gulma juga didefinisikan sebagai tumbuhan yang tidak dikehendaki kehadirannya pada tempat dan waktu tertentu. Jenis-jenis tanaman yang hadir pada tempat dan waktu tertentu tanpa dikehendaki, dengan demikian, juga dapat berstatus sebagai gulma.


Jenis-jenis tumbuhan yang hidup dengan cara memarasit tumbuhan lain juga dapat dikategorikan sebagai gulma berdasarkan atas kelompok taksonomiknya, yaitu sama-sama merupakan tumbuhan. Tetapi berdasarkan gaya hidupnya dengan cara memarasit yang mirip dengan gaya hidup sebagian patogen, tumbuhan parasitik juga sering dikategorikan sebagai patogen. Dalam matakuliah ini saya mengkategorikan tumbuhan sebagai gulma, selain karena alasan kelompok taksonomiknya yang sama dengan kelompok taksonomik gulma, juga karena selain memarasit, tumbuhan parasitik juga menaungi tanaman yang diparasitnya (tanaman inang) sehingga menyaingi tanaman dalam memperoleh sinar matahari. Pun untuk mengendalikannya, tumbuhan parasitik dikendalikan dengan menggunakan cara pengendalian yang sama dengan yang digunakan untuk mengendalikan gulma.

Gulma dapat dikategorikan dengan berbagai cara. Pertama, berdasarkan tipe daunnya dibedakan gulma berdaun lebar (broad leaves) dan gulma rumput dalam arti luas (grasses, sedges, and rushes). Gulma berdaun lebar terdiri atas berbagai jenis tumbuhan dikotil, sedangkan gulma rumput dan teki terdiri atas tumbuhan monokotil golongan rumput dan teki. Berdasarkan pola pertumbuhannya, dibedakan gulma rumput sejati (true grasses), herba (hers), perdu (shrubs), tumbuhan melilit dan liana (vines and lianas), pohon (trees), serta tumbuhan perairan (aquatic plants). Berikut adalah contoh dari setiap kategori gulma tersebut di atas:


Berbagai contoh lain dapat diperoleh dari situs Weed Australia dengan mengklik Identify Weeds dan kemudian mengklik peta.

Berbeda dengan tanaman, gulma merupakan berbagai spesies yang beradaptasi untuk berkemampuan daya saing tinggi dengan cara:

  • Memproduksi biji dalam jumlah besar atau mempunyai organ reproduksi vegetatif khusus, 
  • Mengembangkan kemampuan untuk tidak mengalami dormasi sehingga biji dapat berkecambah dini, 
  • Mengembangkan pola pertumbuhan dengan membentuk berbahai organ khusus yang memungkinkannya dapat dengan cepat menguasai ruang, dan 
  • Mengembangkan organ khusus untuk mempertahankan diri dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan. 

Kemampuan tersebut memungkinkan gulmaa dapat dengan mudah mengalahkan tanaman dalam persaingan sehingga oleh petani didefinisikan sebagai tumbuhan yang tidak diinginkan (pada tempat dan waktu tertentu). Pada pihak lain, tumbuhan berbunga parasitik mengembangkan cara untuk mendekatkan diri dengan inang dengan berbagai cara, di antaranya dengan biji yang mampu bertahan sangat lama dan biji yang disebarkan oleh binatang (misalnya burung), dan cara menemukan inang dengan menggunakan penanda kimia (chemical cue).

Namun tumbuhan dapat memperoleh status sebagai OPT golongan gulma bukan semata-mata karena kemampuan tumbuhan itu sendiri (kemampuan bawaan). Faktor lingkungan juga menentukan kemampuan tumbuhan untuk menjadi gulma. Faktor lingkungan seperti kekeringan, kebakaran, banjir, dan terlepas dari musuh alami dapat mendorong berbagai spesies tumbuhan dapat berstatus sebagai gulma. Kekeringan menyebabkan tumbuhan dengan perakaran masif dan dalam dapat berstatus sebagai gulma, demikian juga dengan kebakaran. Tetapi pada kebakaran, ditambah dengan kemampuan untuk menghasilkan biji halus yang masuk ke dalam rekahan tanah dan kemampuan untuk mengembangkan batang berlapisan pelindung. Pada pihak lain, banjir membawa biji dari lahan berlerang ke dan menimbunnya pada lahan datar untuk kemudian berkembang menjadi gulma.

Pemindahan spesies tumbuhan keluar dari kawasan geografik asalnya oleh manusia menyebabkan tumbuhan lepas dari musuh alaminya sehingga menjadi gulma di tempat yang baru. Dengan demikian, manusia sendiri juga merupakan faktorn penting yang menyebabkan tumbuhan menjadi gulma. Pembakaran dan penggunaan herbisida, selain dapat mengendalikan gulma jenis tertentu, sebenarnya juga dapat mendorong berkembangnya jenis-jenis gulma lain, yaitu jenis-jenis gulma tahan api dan jenis-jenis gulma tahan herbisida. Bahkan, ketidakpedulian manusia sendiri, seperti misalnya kebijakan pembangunan pertanian yang terlalu terfokus hanya pada tanaman tanpa memberikan perhatian terhadap kegiatan perlindungan tanaman, juga dapat mendorong perkembangan jenis-jenis gulma tertentu.

Gulma pada dasarnya adalah tumbuhan, seperti halnya tanaman yang juga merupakan tumbuhan (tanaman merupakan tumbuhan budidaya). Biologi dan ciri-ciri morfologis gulma dengan demikian adalah biologi dan ciri-ciri morfologi gulma. Dari segi kedudukannya sebagai tumbuhan, anatomi, morfologi, fidiologi, dan perkembangbiakan gulma dipelajari melalui ilmu yang sama, yaitu botani. Tulisan ini mengasumsikan Anda telah mempelajari botani sehingga tidak lagi menguraikan aspek botanis dari gulma. Bagi Anda yang belum pernah mempelajari botani, silahkan baca tulisan mengenai gulma dan tumbuhan berbiji parasitik. Di antara ketiga kategori besar OPT, gulma merupakan kategori yang selalu dihadapi dalam pertanian lahan kering, yaitu pertanian yang dilakukan pada kawasan dengan bulan basah yang terbatas. Perasalahan gulma menjadi berat pada pertanian lahan kering karena pada lahan kering telah beradaptasi jenis-jenis gulma tahan kekeringan dengan daya saing yang tinggi.

29 komentar:

  1. Dari penjelasan bapak di atas saya dapat mengerti tentang gulma pada tumbuhan yang mengganggu tumbuhan itu sendiri.
    Yang saya mau tanyakan:
    1.Ada berapa jenis gulma yang mengganggu tumbuhan?

    BalasHapus
  2. Terimakasih Bapaka atas materi diatas OPT bagian 3 golongan tumbuhan (gulma).
    Saya sudah memahami bahwa tumbuhan juga dikatakan gulma dan apa itu gulma, jenis jenis gulma, kategori gulma yang dibedakan berdasarkan daun, yang bertumbuh dikotil dan monokotil dengan contoh contoh dari setiap kategori gulma, faktor faktor yang menyebabkan tumbuhan menjadi gulma dan memahami gulma yang pada dasarx adalah tumbuhan.

    BalasHapus
  3. Permasalahan gulma menjadi berat pada pertanian lahan kering yang telah beradaptasi dengan jenis jenis gulma yang tahan kekeringan dengan daya saing yang tinggi.

    Yang menjadi pertanyaan saya
    1. Apakah ada perbedaanya antara gulma pada lahan yang basah dan gulma pada lahan yang kering???
    2. Mengapa ada gulma yang tumbuh karna ada daya saingnya yang tinggi pada keberadaan lahan tertentu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. (1) Gulma pada lahan basah berbeda dengan gulma pada lahan kering karena untuk berstatus sebagai gulma, tumbuhan perlu beradaptasi dengan lingkungan, (2) Kalau daya saingnya rendah maka tidak bisa berstatus sebagai gulma karena untuk bisa menjadi gulma diperlukan kemampuan untuk bersaing dalam memperoleh ruang, air, unsur hara, dan sinar matahari.

      Hapus
  4. 1.dari bacaan di atas saya lebih tau apa itu gulma sebenarnya dan tumbuhan yang dikatakan gulma,jenis-jenis gulma dan perbedaan gulda yang dilihat berdasarkan daun seta fakto-faktor yang menyebabkan tumbuhan tersebut di katakan gulma

    BalasHapus
  5. 1. Melalui tulisan ini saya dapat memahami apa yang dimaksud dengan OPT golongan tumbuhan (gulma). Kemudian, yang dapat menyebabkan tumbuhan menjadi gulma bukan hanya bergantung pada faktor lingkungan tetapi termasuk juga manusia. Dimana dengan kebijakan pembangunan pertanian tanpa mengutamakan kegiatan perlindungan tanaman dapat mengakibatkan berkembangnya jenis-jenis gulma tertentu.
    2. NTT merupakan daerah pertanian lahan kering. Seperti yang telah dijelaskan, dengan kondisi ini sangat memungkinkan gulma tumbuh dengan daya saing yang sangat tinggi. Melihat kenyataan yang ada sebagian besar petani di NTT menggunakan sistem tebas bakar untuk memberantas gulma. Yang ingin saya tanyakan
    - apakah cara ini sudah tepat untuk dilakukan?
    - apakah ada dampak yang ditimbulkan bagi lingkungan dengan sistem ini?
    -bagaimanakah proses adaptasi gulma di lahan kering sehingga bisa mempunyai daya saing yang tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. (1) Tepat atau tidak, bergantung pada keadaan. Bagi masyarakat petani yang pendidikannya rendah dan akses terhadap informasi terbatas, melakukan perladangan tebas bakar mungkin merupakan satu-satunya cara bertani yang bisa dilakukan, (2) Perladangan tebas bakar tentu berdampak negatif, tetapi mungkin tidak berarti bila dibandingkan dengan dampak yang ditimbulkan dari pembakaran hutan yang dilakukan oleh pengusaha kaya di Sumatera dan Kalimantan, (3) Adaptasi dilakukan dengan bermacam-macam cara, misalnya perakaran yang dalam, menghasilkan senyawa kimia yang beracun terhadap tanaman, dll.

      Hapus
  6. dari materi diatas maka saya lebih mengetahui dan membedakan OPT bagian 3 golongan tumbuhan (GULMA). gulma merupakan berbagai spesies yang berdaptasi untuk berkemampuan daya saing tanggi
    yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah tanaman gulma bisa bertahan lama dilahan kering?
    2. apa perbedaan antara gulma pertanian pada lahan basah dan kering?

    BalasHapus
    Balasan
    1. (1) Maaf Yuliana, gulma bukan tanaman karena tidak ditanam, melainkan tumbuhan. Gulma dapat bertahan lama di lahan kering karena menghasilkan organ bertahan di dalam tanah serta biji berukuran kecil yang dapat masuk ke dalam rekahan tanah dan memiliki dormasi yang lama, (2) Perbedaan terutama dalam hal morfologi dan fisiologi, gulma lahan basah umumnya berbatang lunak dan tumbuh cepat, gulma lahan kering umumnya berbatang keras dan tumbuh lambat (antara lain).

      Hapus
  7. Dari penjelasan materi diatas saya dapat mengetahui jenis-jenis gulma yang menggangu tanaman.
    yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. bagaiman cara mengatasi gulma tanpa harus merusakkan tanaman itu sendiri.
    2. dalam kehidupan bertani kami selalu membersikan gulma saat musim tanam mulai tiba dan setip tahun kami selalu membersikan gulma tersebut. yang saya ingin tanyakan adalah aoakah yang menyebabkan gulma tersebut selalu hadir setiap tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (1) Ada banyak cara, misalnya dengan menanam tanaman penutup (cover crop), (2) Gulma hadir setiap tahun karena gulma tidak dikendalikan secara serempak atau dikendalikan terlambat sehingga sempat menghasilkan biji yang tersimpan dalam tanah.

      Hapus
  8. pak... saya pernah melakukan suatu percobaan dengan menyempotkan pestisida pada gulma yang menyerang tanaman yang saya budidayakan. pada sebulan pertama setelah saya menyemprotkan pestisida pada gulma tersebut, gulma itu mati tapi setelah turun hujan dalam beberapa hari gulma itu tumbuh kembali. coba bapak jelaskan kepada saya mengapa sehingga gulma tersebut bisa tumbuh kembali?

    BalasHapus
  9. Dari tulisan diatas saya ingin bertanya bila ada tanaman yang tidak dibudidayakan,tapi dengan sendirinya tanaman itu tumbuh,, apakah itu disebut tumbuhan gulma??

    BalasHapus
  10. dari materi di atas saya bisa mengetahaui berbagai jenis gulma yang mengganggu atau merusak tanaman.
    yang mau saya tanyakan disini adalah:
    apakah gulma bisa di sebut sebagai organisasi pengganggu tumbuhan????

    BalasHapus
  11. Bila kita menanam tanaman pada lahan tertentu,,namun demikian ada tanaman yang tumbuh sendiri tanpa campur tangan manusia yang tidak kita kehendaki laku kita cabut buang tanaman tersebut yang bukan kita tanam,,. Apakah itu juga disebut gulma???

    BalasHapus
  12. 1. Yang saya mengerti dari materi ini adalah gulma merupakan tumbuhan yang hidup parasit bagi tanaman lain yang sebagai inangnya, selain itu saya ketahui bahwa pada dasarnya gulma juga merupakan tumbuhan yang kita ketahui dalam taksonominya. Dalam materi ini juga menjelaskan bahwa gulma dalam mempertahankan hidupnya selalu bersaing dengan tumbuhan lain untuk memperoleh kebutuhan mereka yakni dalam hal ini adalah makanan gulma jika kita kategorikan dalam tipe daun ada beberapa kategori yang kita ketahui yaitu dalam hal tipe daun. Kategori gulma dalam tipe daunya ada beberapa yakni mulai dari rumput daratan, rumput perairan sampai pada berdaun lebar, perairan.
    Ada juga faktor-faktor penentu atau faktor-faktor lain terjadinya adanya gulma. faktor itu adalah manusia sendiri. manusia dapat menciptakan gulma disuatu wilayah yang baru apabila tumbuhan atau tanaman yang pindahkan dari suatu wilayah ke wilayah baru yang leps dari musuh alaminya.


    2. Yang tidak saya mengerti dalam pembahasan materi ini adalah Memproduksi biji dalam jumlah besar atau mempunyai organ reproduksi vegetatif khusus, Mengembangkan kemampuan untuk tidak mengalami dormasi sehingga biji dapat berkecambah dini. Dari kalimat ini saya bisa simpulkan bahwa jika gulma tidak memiliki organ reproduktif vegetatif khusus otomatis pasti akan mengalami masa dormansi. Masa dormansi itu sendiri merupakan masa dimana tumbuhan istirahat dalam waktu tertentu. Yang menjadi pertanyaan saya apakah hanya pada masa dormansi ini hanya dipengaruhi oleh organ reproduksi vegetatif khusus atau ada hal lain lagi yang menjadi pengaruh tersebut?
    Yang saya tidak mengerti berikutnya adalah Pembakaran dan penggunaan herbisida, selain dapat mengendalikan gulma jenis tertentu, sebenarnya juga dapat mendorong berkembangnya jenis-jenis gulma lain, yaitu jenis-jenis gulma tahan api dan jenis-jenis gulma tahan herbisida.
    Yang menjadi pertanyaan saya mengapa ada jenis gulma yang tahan api sedangkan yang saya tahu bahwa api itu panas? Apakah gulma yang tahan api dan gulma tahan herbisida merupakan perubahan dari gulma yang tidak tahan api dan herbisida?

    BalasHapus
  13. 1.yang saya sudah mehgerti dari materi ini, pada bagian awal di jelaskan bahwa tumbuhan dikategorikan sebagai gulma apabila hidupnya memarasit tumbuhan lain ,dan dijelaskan juga manusia merupakan salah satu faktor penentu tumbuhan dikatakan sebagai gulma yang tumbuh di tempat lain.
    2.yang saya belum mengerti gulma beradaptasi untuk berkemampuan daya saing tinggi dengan cara"mengembangkan kemampuan untuk tidak mengalami dormasi sehingga biji dapat berkecambah dini" kira-kira seperti apa atau bagaimana hubungan dengan tanaman yang dibudidayakan sehingga tanaman tanaman tadi dikatakan sebagai gulma.
    dan yang saya ingin tanyakan lagi apabila suatu tumbuhan ditanami dengan tujuan menaungi tanaman lain tapi dalam perjalanan tanaman yang dibudidayakan /yang dinaungi tersebut mengalami persaingan dalam pengambilan unsur hara ,apakah tanaman yang berfungsi sebagai penaung tersebut dikatakan sebagi gulma?

    BalasHapus
  14. dari wacana diatas saya dapat memahami tentang gulma dan akibat dari gulma
    yang ingin saya tanyakan :
    apakah ada cara untuk membasmi hama gulma tersebut?

    BalasHapus
  15. dari bacaan diatas saya dapat memahami bentuk gulma
    yang ingin saya tanyakan :
    bagimanakah cara mengklasifikasikan gulma?

    BalasHapus
  16. Yang saya pahami, Gulma sangat berpengaruh pada hasil produksi dari tanaman budidaya. Keberadaan gulma dapat terjadsi persaingan dalam memperoleh unsur hara, cahaya matahari, dan gulma juga dapat menjadi inang dan tempat persembunyian bagi hama dan penyebab penyakit (pathogen). Gulma adalah tumbuhan yang tidak dikehendaki kehadirannya pada tempat dan waktu tertentu. Dari pengertian gulma maka pertanyaan saya adalah tumbuhan yang tidak dikehendaki kehadirannya oleh menusia atau oeh tanaman dan apabila tumbuhan yang tumbuh di dalam gedung dan tidak dikehendaki kehadirannya oleh manusia apakah dikatakan gulma atau tidak? Apa arti dari dormasi?Terima kasih.

    BalasHapus
  17. Materi diatas sudah saya bacakan dan saya sudah memahaminya bentuk gulma dan akibatnya gulma itu seperti apa.

    BalasHapus
  18. saya sudah memahami materi yang termuat diatas, begitu juga dengan pertanyaan yang ingin saya tenyakan, sepertinya sudah terjawab pada komentar-komentar sebelumnya. jadi materi tentang OPT bagian 3: gulma sudah saya pahami....

    BalasHapus
  19. Yang saya pahami dari materi diatas bahwa gulma yang beradaptasi di lingkungan kemampuan daya saingnya sangat tinggi.
    Yang saya tanyakan seberapa persen daya saing gulma terhadap tanaman.

    BalasHapus
  20. Yang saya pahami dari materi diatas bahwa gulma yang beradaptasi di lingkungan kemampuan daya saingnya sangat tinggi.
    Yang saya tanyakan seberapa persen daya saing gulma terhadap tanaman.

    BalasHapus
  21. Yang saya pahami dari materi ini yaitu tumbuhan yang hidup menyaingi atau parasit dengaN tumbuhan lain dapat dikategorikan sebai gulma. Gulma juga disebabkan oleh faktor lingkungan seperti kebakaran,kekeringan,dll.

    BalasHapus
  22. Yang saya pahami dari materi diatas bahwa gulma yang beradaptasi di lingkungan kemampuan daya saingnya sangat tinggi dan sangat berguna .

    BalasHapus
  23. Yang saya pahami dari materi diatas bahwa gulma yang beradaptasi di lingkungan kemampuan daya saingnya sangat tinggi dan sangat berguna .

    BalasHapus
  24. Mantaps Broo Info nya.
    Gue demen bgt. Sukses ya Broo . . .

    BalasHapus

Untuk mengomentari tayangan ini, silahkan tulis dan poskan di bawah ini ...

Daftar Istilah

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y,
Z, daftar istilah entomologi dari EartLife