Telusuri Blog

Selamat Datang

Terima kasih, Anda telah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat terutama untuk membantu mahasiswa mempelajari Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Bila Anda adalah mahasiswa semester ganjil tahun 2017/2018, silahkan mendaftar sebagai peserta kuliah dan memeriksa hasil mendaftar dengan mengklik tautan yang tersedia. Baca dengan seksama isi menu Smt. Ganjil 2017/2018 untuk mempersiapkan diri mengikuti kuliah. Bila Anda belum terbiasa menggunakan Internet, blog ini dibuat bukan untuk mempersulit Anda, melainkan untuk membantu Anda menjadi melek teknologi informasi, silahkan klik halaman Dukungan TI. Blog ini juga terbuka bagi siapa saja untuk berkunjung dan mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan pelindungan tanaman. Selamat menjelajah dan bergabung, mohon meluangkan waktu untuk membagikan melalui Google+, Facebook, Twitter atau lainnya dan menyampaikan komentar.

Navigasi Blog

Untuk memeriksa seluruh tulisan yang menjadi isi blog Dasar-dasar Perlindungan Tanaman, silahkan klik menu Daftar Isi. Bila Anda adalah peserta kuliah Semester Ganjil Tahun 2017/2018, Anda wajib membaca tulisan yang pada awal judulnya disertai angkai, mulai dari angka 1.1. dan seterusnya. Mahasiswa peserta kuliah Semester Genap Tahun 2017/2018 wajib menyampaikan komentar pada kotak komentar di bagian bawah tulisan. Komentar berisi uraian singkat mengenai apa yang Anda pahami dan/atau pertanyaan singkat mengenai yang belum dipahami. Halaman blog menyajikan hanya 5 tulisan termutakhir. Silahkan klik navigasi Posting Lama di bagian bawah tulisan blog untuk melihat tulisan lainnya.

Mendaftar sebagai Peserta Kuliah

Setiap mahasiswa peserta kuliah diwajibkan untuk mendaftar secara daring dengan mengisi formulir pendaftaran (klik untuk memulai). Silahkan lakukan login dengan menggunakan akun email sendiri sebelum mengisi formulir. Sesudah mengirimkan formulir pendaftaran, silahkan periksa hasil pendaftaran (klik untuk memeriksa). Pendaftaran ditutup pada Senin, 15 Maret 2018.

Kamis, 02 Maret 2017

2.4. Organisme Pengganggu Tumbuhan 3: Golongan Gulma

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire Pernah mendengar istilah "Jeruk makan jeruk"? Tumbuhan juga bersaing sesama tumbuhan. Bila tumbuhan yang disaingi adalah tumbuhan budidaya atau tanaman sedemikian sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan produksinya berkurang maka tumbuhan yang menyaingi disebut gulma (weed). Gulma menyaingi tanaman dalam memperoleh kebutuhan hidup yang mencakup ruang tempat tumbuh, air, unsur hara, dan sinar matahari. Selain menyaingi tanaman, gulma juga dapat mengontaminasi hasil tanaman dengan bijinya, mempercepat penguapan air melalui transpirasi, menghambat aliran air irigasi, menyediakan makanan alternatif bagi binatang hama dan inang alternatif bagi patogen, menyediakan tempat bersembunyi dan bersarang bagi binatang hama tertentu, dan bahkan memicu dan memacu kebakaran. Oleh karena itu, gulma juga didefinisikan sebagai tumbuhan yang tidak dikehendaki kehadirannya pada tempat dan waktu tertentu. Jenis-jenis tanaman pun, bila tumbuh pada tempat dan waktu yang tidak dikehendaki, juga dapat berstatus sebagai gulma.

Selain tumbuhan yang bersaing dengan tanaman, jenis-jenis tumbuhan yang hidup dengan cara memarasit tanaman, yaitu tumbuhan parasitik (parasitic plants), khususnya tumbuhan berbunga parasitik (parasitic flowering plants), berdasarkan atas kelompok taksonomiknya yaitu sama-sama merupakan tumbuhan, juga dapat dikategorikan sebagai gulma. Tetapi berdasarkan gaya hidupnya dengan cara memarasit yang mirip dengan gaya hidup sebagian patogen, tumbuhan parasitik juga dapat dikategorikan sebagai patogen. Dalam matakuliah ini saya mengategorikan tumbuhan sebagai gulma, selain karena alasan kelompok taksonomiknya yang sama dengan kelompok taksonomik gulma, juga karena selain memarasit, tumbuhan parasitik juga menaungi tanaman yang diparasitnya (tanaman inang) sehingga menyaingi tanaman dalam memperoleh sinar matahari. Pun tumbuhan parasitik juga dapat menjadi tempat persembunyian organisme pengganggu golongan binatang dan inang bagi organisme pengganggu golongan patogen serta untuk mengendalikannya dengan menggunakan cara pengendalian yang sama dengan yang digunakan untuk mengendalikan gulma. Informasi mengenai tumbuhan parasitik dapat diperoleh dari situs The Parasitic Plant Connection.

Gulma dapat dikategorikan dengan berbagai cara. Pertama, berdasarkan tipe daunnya dibedakan gulma berdaun lebar (broad leaves) dan gulma rumput dalam arti luas (grasses, sedges, and rushes). Gulma berdaun lebar terdiri atas berbagai jenis tumbuhan dikotil, sedangkan gulma rumput dan teki terdiri atas tumbuhan monokotil golongan rumput dan teki. Berdasarkan pola pertumbuhannya, dibedakan gulma rumput sejati (true grasses), herba (hers), perdu (shrubs), tumbuhan melilit dan liana (vines and lianas), pohon (trees), serta tumbuhan perairan (aquatic plants). Berikut adalah contoh dari setiap kategori gulma tersebut di atas:

Gulma juga dapat digolongkan berdasarkan atas jenis tanaman yang disainginya, misalnya untuk 12 jenis gulma yang paling merusak pada tanaman padi (the dirty dozen), jenis-jenis gulma pada tanaman padi sawah, jenis-jenis gulma pada tanaman padi ladang di Kamboja (buku dapat diunduh) dan gulma yang sama di Myanmar (file PDF dapat diunduh), dan sebagainya.

Sebagaimana halnya dengan organisme pengganggu golongan binatang dan golongan patogen, organisme pengganggu golongan gulma juga sangat banyak jenisnya. Untuk mengenali suatu jenis gulma, perlu dilakukan pengamatan lapangan dan laboratorium untuk memperoleh data yang diperlukan untuk mengidentifikasi jenis-jenis gulma. Di negara-negara maju, pemerintah menyediakan layanan identifikasi gulma dalam jaringan (online) kepada petani. Misalnya, pemerintah Australia menyediakan situs Weed Australia untuk mengidentifikasi gulma yang terdapat di negara tersebut dengan mengklik Identify Weeds dan kemudian mengklik peta. Pemerintah negara bagian Queensland menyediakan kunci identifikasi dalam jaringan (online) untuk mengidentifikasi jenis-jenis gulma penting Australia yang sebagian besar juga merupakan jenis-jenis gulma penting Indonesia, silahkan klik tautan untuk mencoba. Layanan identifikasi gulma dalam jaringan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi gulma adalah layanan identifikasi gulma padi yang disediakan oleh IRRI. Silahkan juga klik untuk mencoba dan memperoleh gambaran mengenai informasi apa yang diperlukan untuk mengidentifikasi gulma dan bagaimana prosesnya. Tersedia sejumlah aplikasi identifikasi gulma untuk ponsel Android maupun iPhone, misalnya Ag Weed ID, tetapi pada umumnya untuk mengidentifikasi gulma di negara-negara maju. Pemerintah kita mungkin belum berpikir memberikan pelayanan sampai sejauh itu kepada petani. Klik halaman Identifikasi OPT untuk memperoleh informasi lebih rinci.

Suatu jenis tumbuhan dapat berstatus sebagai gulma karena faktor kemampuan bawaan sendiri, faktor lingkungan, dan faktor manusia. Faktor bawaan sendiri yang memungkinkan suatu jenis tumbuhan dapat berstatus sebagai gulma adalah:
  • Memproduksi biji dalam jumlah besar atau mempunyai organ reproduksi vegetatif khusus, 
  • Mengembangkan kemampuan untuk tidak mengalami dormasi sehingga biji dapat berkecambah dini, 
  • Mengembangkan pola pertumbuhan dengan membentuk berbahai organ khusus yang memungkinkannya dapat dengan cepat menguasai ruang, dan 
  • Mengembangkan organ khusus untuk mempertahankan diri dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan. 
Kemampuan tersebut memungkinkan gulmaa dapat dengan mudah mengalahkan tanaman dalam persaingan sehingga oleh petani didefinisikan sebagai tumbuhan yang tidak diinginkan (pada tempat dan waktu tertentu). Beberapa jenis gulma malahan merupakan kategori jenis-jenis invasif (invasif species), yaitu jenis-jenis organisme pendatang yang karena kemampuan tumbuh dan berkembang biaknya yang sangat cepat, berkemampuan menginvasi daerah baru di luar sebaran geografik aslinya. Berbagai jenis gulma yang tergolong spesies asing invasif dapat diperoleh dari situs Invasive Species Compendium (ISC) yang disediakan oleh CABI, yang juga mencakup jenis-jenis binatang hama maupun patogen. Khusus untuk jenis-jenis tumbuhan invasif, silahkan klik tautan Common Invasive Plants of the World pada situs IEWF (International Environmental Weed Foundation). Pada pihak lain, tumbuhan berbunga parasitik mengembangkan cara untuk mendekatkan diri dengan inang dengan berbagai cara, di antaranya dengan biji yang mampu bertahan sangat lama dan biji yang disebarkan oleh binatang (misalnya burung), dan cara menemukan inang dengan menggunakan penanda kimiawi (chemical cue).

Namun tumbuhan dapat memperoleh status sebagai OPT golongan gulma bukan semata-mata karena kemampuan bawaan sendiri (kemampuan bawaan). Faktor lingkungan juga menentukan kemampuan tumbuhan untuk menjadi gulma. Faktor lingkungan seperti kekeringan, kebakaran, banjir, dan terlepas dari musuh alami dapat mendorong berbagai spesies tumbuhan dapat berstatus sebagai gulma. Kekeringan menyebabkan tumbuhan dengan perakaran masif dan dalam dapat berstatus sebagai gulma, demikian juga dengan kebakaran. Tetapi pada kebakaran, ditambah dengan kemampuan untuk menghasilkan biji halus yang masuk ke dalam rekahan tanah dan kemampuan untuk mengembangkan batang berlapisan pelindung. Pada pihak lain, banjir membawa biji dari lahan berlerang ke dan menimbunnya pada lahan datar untuk kemudian berkembang menjadi gulma.

Pemindahan spesies tumbuhan keluar dari kawasan geografik asalnya oleh manusia menyebabkan tumbuhan lepas dari musuh alaminya sehingga menjadi gulma di tempat yang baru. Dengan demikian, manusia sendiri juga merupakan faktor penting yang menyebabkan tumbuhan menjadi gulma. Pembakaran dan penggunaan herbisida, selain dapat mengendalikan gulma jenis tertentu, sebenarnya juga dapat mendorong berkembangnya jenis-jenis gulma lain, yaitu jenis-jenis gulma tahan api dan jenis-jenis gulma tahan herbisida. Bahkan, ketidakpedulian manusia sendiri, seperti misalnya kebijakan pembangunan pertanian yang terlalu terfokus hanya pada tanaman tanpa memberikan perhatian terhadap kegiatan perlindungan tanaman, juga dapat mendorong perkembangan jenis-jenis gulma tertentu.

Gulma pada dasarnya adalah tumbuhan, seperti halnya tanaman yang juga merupakan tumbuhan (tanaman merupakan tumbuhan budidaya). Biologi dan ciri-ciri morfologis gulma dengan demikian adalah biologi dan ciri-ciri morfologi gulma. Dari segi kedudukannya sebagai tumbuhan, anatomi, morfologi, fidiologi, dan perkembangbiakan gulma dipelajari melalui ilmu yang sama, yaitu botani. Tulisan ini mengasumsikan Anda telah mempelajari botani sehingga tidak lagi menguraikan aspek botanis dari gulma. Bagi Anda yang belum pernah mempelajari botani, silahkan baca tulisan mengenai gulma dan tumbuhan berbiji parasitik. Di antara ketiga kategori besar OPT, gulma merupakan kategori yang selalu dihadapi dalam pertanian lahan kering, yaitu pertanian yang dilakukan pada kawasan dengan bulan basah yang terbatas. Perasalahan gulma menjadi berat pada pertanian lahan kering karena pada lahan kering telah beradaptasi jenis-jenis gulma tahan kekeringan dengan daya saing yang tinggi.

Tugas
  1. Buatlah kelompok terdiri atas 4-5 orang berdasarkan urutan nomor induk mahasiswa dengan dikoordinasikan oleh ketua kelas.
  2. Lakukan pengamatan pada pertanaman jagung terdekat, misalnya di dekat tempat tinggal masing-masing anggota kelompok.
  3. Buat foto gulma terdiri atas foto sosok secara keseluruhan, batang, daun, serta bunga dan buah (bila ada gulma yang sedang berbunga dan berbuah) dengan menggunakan ponsel berkamera. Setiap kelompok harus mengumpulkan foto lima jenis gulma.
  4. Sedapat mungkin lakukan identifikasi jenis-jenis gulma yang diamati, antara lain dengan menggunakan situs Weed Australia. Bila tidak dapat diidentifikasi, cukup dengan mencantumkan foto disertai dengan nomor kode.
  5. Buatlah presentasi Microsoft PowerPoint dengan judul Jenis-jenis Gulma pada Tanaman Jagung yang terdiri atas lima slide masing-masing untuk setiap jenis gulma. Cantumkan daftar nama anggota kelompok pada slide judul di bawah tulisan judul. Cantumkan nama gulma atau kode gulma sebagai judul slide-slide berikutnya. Pada setiap slide, masukkan foto sosok gulma secara keseluruhan, batang, daun, serta bunga daqn buah. Atur penempatan foto sedemikian rupa sehingga tampil menarik.
  6. Simpan file dengan nama tugas3_gulmajagung_namadepannamabelakangmahasiswa (format PPT atau PPTX) dan masukkan ke dalam kotak MediaFire FileDrop di bawah ini dengan cara melakukan drag and drop. File harus sudah diterima selambat-lambatnya pada 5 April 2016. Klik halaman Hubungi Kami untuk bila mengalami kesulitan.



Tulisan ini disunting terakhir pada 21 Maret 2016

Harap membaca tulisan ini dengan seksama sampai benar-benar mengerti. Silahkan mengklik tautan (link) yang disediakan untuk memperoleh uraian lebih rinci. Bila sudah mengerti sampaikan komentar dan bila masih ada yang perlu ditanyakan, sampaikan sampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan topik tulisan ini. Pertanyaan mengenai hal di luar topik tulisan ini tidak akan dijawab. Silahkan ketik komentar dan pertanyaan dalam satu alinea tidak lebih dari 100 kata. Komentar harus sudah masuk selambat-lambatnya pada 1 April 2016.

Ujian akan dilaksanakan secara dalam jaringan (online) pada 8 April 2016 mulai pada pukul 13.00 sampai pada pukul 22.00 WITA. Soal ujian akan ditayangkan sebagai tayangan blog selama jam ujian tersebut.

84 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. setelah saya membaca materi di atas saya ingin bertanya , bagaimana cara yang efektif bagi petani jika pada tanamannya di serang lebih dari satu jenis gulma ? terima kasih ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong bersabar, menjadi sarjana perlu proses belajar, tidak bisa langsung diwisuda. Demikian juga dengan mempelajari perlindungan tanaman, pelajari dahulu OPT yang menyerang tanaman, baru setelah benar-benar mengetahui OPT yang menyerang tanaman, belajar mengenai cara mengendalikannya.

      Hapus
  3. setelah saya membaca materi ini,saya ingin bertanya.Salah satu faktor yang dapat mendorong perkembangan organisme pengganggu golongan tumbuhan menjadi gulma yang merugian ialah kengiatan pengolahan lahan.Bagaimana dengan pengolahan lahan dengan cara tebas bakar,apakah akan memacu atau menghambat perkembangan gulma?Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengendalian gulma akan dijelaskan pada kuliah selanjutnya. Tebas bakar mematikan jenis-jenis gulma tertentu, tetapi mendorong jenis-jenis gulma yang tahan api untuk menjadi dominan.

      Hapus
  4. setelah saya membaca materi bapak, saya mendapati bahwa, untuk mengenali 1 jenis gulma, perlu di lakukan pengamatan lapangan dan laboraturium untuk mendapati data yang di perlukan untuk mengidentifikasi jenis-jenis gulma. yang ingin saya tanyakan kepada bapak adalah jika suatu tanaman yang berlainan jenis tumbuh di sekitar tanaman yang sedang di budidayakan tapi sebenarnya kehadiran tanaman itu tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang di budidayakan, maka apakah dia termasuk dalam golongan gulma????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya tergantung dari petani apakah dia menginginkan tumbuhan tersebut tumbuh atau tidak. jika dia menginginkan berarti tidak termasuk gulma dan jika dia tidak menginginkan berarti tumbuhan tersebut termasuk gulma.

      Hapus
    2. Terima kasih Yuliana D. Aunsuni, atas jawabannya yang sangat tepat.

      Hapus
  5. saya ingin bertanya
    'apa kaitan gulma dengan penyakit yang menyerang tumbuhan?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kaitan gulma dengan penyakit yang menyerang tumbuhan adalah karena gulma merupakan tumbuhan yang tidak diinginkan karena bersaing dengan tanaman yang dibudidaya sehingga tanaman tersebut kalah bersaing dengan gulma dalam hal mengambil unsur hara. jika unsur hara suatu tanaman kurang maka tanaman tersebut bisa dengan mudah terserang penyakit.

      Hapus
    2. Terima kasih Marselina Rustam yang telah membantu menjawab. Tetapi, pertanyaannya perlu diperbaiki terlebih dahulu, tidak ada penyakit menyerang karena yang menyerang adalah patogen. Kaitan antara gulma dengan penyakit adalah peranan gulma sebagai inang penyakit. Gulma dapat terkena penyakit dan kemudian menyebar ke tanaman.

      Hapus
  6. "Pada pihak lain, tumbuhan berbunga parasitik mengembangkan cara untuk mendekatkan diri dengan inang dengan berbagai cara, di antaranya dengan biji yang mampu bertahan sangat lama dan biji yang disebarkan oleh binatang (misalnya burung), dan cara menemukan inang dengan menggunakan penanda kimiawi (chemical cue)." Yang ingin saya tanyakan penanda kimia seperti apa yang digunakan tumbuhan berbunga parasitik karena setelah saya mengklik link gulma dan tumbuhan berbunga parasitik tidak dijelaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak cemical cues, di antaranya kairomone, pheromone, dsb. Silahkan lakukan pencarian pada Google dengan mengetikan chemical cue wikipedia.

      Hapus
  7. Selamat siang Pak. Terima kasih atas materi yang sudah dipaparkan, Yang menjadi pertanyaan saya adalah, berikan contoh, jenis gulma yang tahan api dan jenis gulma yang tahan herbisida. TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilakukan penelusuran sendiri di Google, seharusnya hal seperti ini tidak perlu ditanyakan kepada dosen, tanya Google saja. Sekedar contoh, hasil penelusuran saya di Google menemukan jenis-jenis gulma tahan api di http://imcwma.org/documents_working/Public_Meetings/WeedsFire.pdf, jenis-jenis gulma tahan herbisida di https://en.wikipedia.org/wiki/Glyphosate#Glyphosate-resistant_weeds.

      Hapus
  8. dari materi di atas dapat saya simpulkan bahwa Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak di inginkan pada lahan pertanian.karena,menurunkan hasil yang bisa di capai oleh tanaman produksi.yang ingin saya tanyakan bagaimana cara pengendalian gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong bersabar, pelajari dahulu jenis-jenis gulma. Apakah benar-benar sudah paham memahami isi tulisan ini sehingga pertanyaannya meloncat jauh ke pengendalian gulma?

      Hapus
  9. Selain tumbuhan yang bersaing dengan tanaman, jenis-jenis tumbuhan yang hidup dengan cara memarasit tanaman, yaitu tumbuhan parasitik (parasitic plants), khususnya tumbuhan berbunga parasitik (parasitic flowering plants), berdasarkan atas kelompok taksonomiknya yaitu sama-sama merupakan tumbuhan, juga dapat dikategorikan sebagai gulma.saya ingin bertanya kepada bapak tumbuhan apa saja yang bersaing jenis-jenis tumbuhan yang hidup dengan cara memarasit tanaman?
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta ampun, 'kan sudah saya berikan tautannya. Silahkan klik tautan (link) yang saya berikan dan tolong pelajari sendiri. Mahasiswa seharusnya berbeda dari murid (siswa) yang segalanya harus disuapi.

      Hapus
  10. Selamat siang bapak atas paparan materinya. dari materidi atas gulma di artikan sebagai tumbuhan yang kehadirannya tidak di inginkan pada lahan pertanian.yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara pengendalian gulma yang tepat agar tidak merusak tanah dan mikroorganisme lain yang ada di dalam tanah serta tidak menurunkan hasil produksi para petani karena dalam materi tersebut ada jenis gulma yang tahan terhadap herbisida dan juga tahan terhadap api? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong simak jawaban saya terhadap pertanyaan Novatsiana Doko

      Hapus
  11. setelah saya membaca materi diatas, dijelaskan bahwa Faktor bawaan sendiri yang memungkinkan suatu jenis tumbuhan dapat berstatus sebagai gulma adalah salah satunya; Mengembangkan kemampuan untuk tidak mengalami dormasi sehingga biji dapat berkecambah dini. yang ingin saya tanyakan apa itu kemampuan untuk tidak mengalami dormasi?. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajari dahulu apa itu dormansi di https://id.wikipedia.org/wiki/Dormansi. Kemampuan gulma untuk tidak mengalami dormansi adalah kemampuan biji gulma untuk segera berkecambah segera setelah keluar dari buahnya.

      Hapus
  12. selamat siang pak
    dari materi diatas yang telah saya baca,saya ingin bertanya mengapa manusia merupakan faktor penting yang menyebabkan tumbuhan menjadi gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca cerita bagaimana eceng gondok bisa menjadi gulma pada bagian History of Introduction and Spread di http://www.cabi.org/isc/datasheet/20544

      Hapus
  13. selamat malam pak setelah saya membaca materi yang telah bapak terangkan "Tumbuhan juga bersaing sesama tumbuhan. Bila tumbuhan yang disaingi adalah tumbuhan budidaya atau tanaman sedemikian sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan produksinya berkurang" . saya ingin bertanya mengapa tumbuhan penyaing di sebut gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhana saja, apakah ketika menanam jagung petani merelakan hasil jagungnya berkurang karena di sebelahnya tumbuh ubi kayu? Jika petani merelakan, ubi kayu bukan gulma. Tetapi bila petani tidak merelakan maka ubi kayu adalah gulma.

      Hapus
  14. selamat malam pak "Gulma pada dasarnya adalah tumbuhan, seperti halnya tanaman yang juga merupakan tumbuhan (tanaman merupakan tumbuhan budidaya)."yang ingin saya tanyakan .mengapa gulma dikatakan tanaman budidaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh my God, tolong baca kembali kalimat tersebut dengan benar, apakah saya menyebutkan gulma adalah tumbuhan budidaya. Yang saya tuliskan adalah tanaman merupakan tumbuhan budididaya. Sudah menjadi mahasiswa, seharusnya bisa membaca dengan benar 'kan?

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak dikehendaki oleh manusia baik pada tempat maupun waktu tertentu.Gulma yang hidup diareal pertanaman budidaya akan bersaing untuk memperebut unsur hara dalam tanah sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.Tumbuhan yang hidupnya bersaing dengan tanaman atau hidupnya memarasit tanaman yaitu tumbuhan parasitik.

    BalasHapus
  17. Dari materi yang dipaparkan saya menyimpulkan bahwa : Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan karena mengurangi hasil produksi tanaman. Gulma dikategorikan berdasarkan tipe daun, pola pertumbuhan, dan jenis tanaman yang disaingi. Faktor yang mempengaruhi suatu tumbuhan berstatus gulma yaitu : 1. Kemampuan bawaan sendiri seperti memproduksi biji dalam jumlah besar. 2. Faktor lingkungan seperti kekeringan, kebakaran, banjir dan terlepas dari musuh alami sehingga mendorong berbagai spesies tumbuhan berstatus sebagai gulma. 3. Faktor manusia seperti memindahkan spesies tumbuhan keluar dari kawasan geografiknya.

    BalasHapus
  18. Dari materi yang saya baca berapa jenis gulma yang ada di OPT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi-lagi saya tidak mengerti dengan apa yang Anda tanyakan. Apakah ada mahasiswa lain yang bisa membantu Bonifasius Meo?

      Hapus
    2. Gulma merupakan salah satu OPT. Gulma memiliki banyak jenis tetapi dapat dibagi kedalam beberapa kategori yaitu : 1. Berdasarkan tipe daun 2. Berdasarkan pola pertumbuhan 3. Berdasarkan jenis tanaman yang disaingi.

      Hapus
  19. selamat pagi bapak dari materi yang saya baca Selain tumbuhan yang bersaing dengan tanaman, jenis-jenis tumbuhan yang hidup dengan cara memarasit tanaman, yaitu tumbuhan parasitik (parasitic plants), khususnya tumbuhan berbunga parasitik (parasitic flowering plants), berdasarkan atas kelompok taksonomiknya yaitu sama-sama merupakan tumbuhan, juga dapat dikategorikan sebagai gulma. Tetapi berdasarkan gaya hidupnya dengan cara memarasit yang mirip dengan gaya hidup sebagian patogen, tumbuhan parasitik juga dapat dikategorikan sebagai patogen.yang saya mau tanyakan apa yang di maksud dengan tumbuhan parasitik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya berikan tautannya (link-nya) 'kan? Mengapa tidak diklik tautan tersebut untuk memperoleh definisinya dan sekaligus mengenali berbagai jenis tumbuhan parasitik? Mahasiswa seharusnya tidak selalu minta disuapi seperti siswa.

      Hapus
  20. Terimakasih bapak atas meteri yang telah di tampilkan di atas dan saya suda membaca materinya, namun kita berbicara tantang tanaman parasit ada yang saya belum mengerti dan saya ingin bertanya kepada bapak menjadi pertanyaan saya adalah : jika di suatu lahan ada tanaman yang di budidayakan namun ada tumbuhan lain selain tanaman yang kita budidayakan yang hadir di pula di lahan tersebut namun kita tidak menghendaki kehadiran tanaman tersebut apakah itu juga merupakan tanaman parasit? tolong di jelaskan bapak.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca jawaban saya terhadap pertanyaan Helena Novita Mala

      Hapus
  21. setelah sya membaca,menurut pengalaman didikampung saya dimanggarai tanaman padi diserng tanaman paku,walang sangit ,dan bercak daun .yang saya mu tanyakan bagaimna cara mengtasi bila mengaplikasikn pestisida?

    BalasHapus
  22. selamat sore Bapak saya telah membaca materi diatas, dan saya mau bertanya, bagaimana cara menatasi gulma yang yang beragam jenisnya, sehingga tidak dapat mengganggu tanaman?

    BalasHapus
  23. selamat sore Bapak saya telah membaca materi diatas, dan saya mau bertanya, bagaimana cara menatasi gulma yang yang beragam jenisnya, sehingga tidak dapat mengganggu tanaman?

    BalasHapus
  24. Dari materi di atas yang saya pahami adalah gulma dapat didefinisikan sebagai tumbuhan yang tidak dikehendaki kehadirannya pada tempat dan waktu tertentu. Jenis-jenis tanaman pun, bila tumbuh pada tempat dan waktu yang tidak dikehendaki, juga dapat berstatus sebagai gulma.Terima kasih

    BalasHapus
  25. selamat sore bapak setelah saya membaca mataeri yang suda di tampilkan .
    begitu banyak jenis gulma yang mengganggu tanaman dan sangat merugikan para petani
    yang saya ingin tanyakan ....
    apa itu sebenarnya organisme pengganggu tanaman dan kapan suatu organisme dapat di katakan sebagai perusak ,pengganggu kehidupan tanaman atau dapat menyebabkan kematian pada tumbuhan...?

    BalasHapus
  26. setelah saya membaca materi yang sudah dipaparkan, saya ingin bertanya apakah gulma hanya menyerang tanaman semusim saja atau juga menyerang tanaman tahunan? terima kasih

    BalasHapus
  27. berdasarkan materi yang saya baca tentang OPT golongan gulma, maka berdasarkan atas kelompok taksonomiknya yaitu sama-sama merupakan tumbuhan, juga dapat dikategorikan sebagai gulma. Tetapi berdasarkan gaya hidupnya dengan cara memarasit yang mirip dengan gaya hidup sebagian patogen

    BalasHapus
  28. setelah saya membaca materi di atas,yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana cara yang paling baik/efektif yang dapat di gunakan oleh petani untuk membasmi/menhilangkan berbagai jenis gulma yang mengganggu/menyerang berbagai jenis tanaman petani?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut saya dengan cara pengendalian gulma secara fisik :pengolahan tanah,pembabatan,penggenangan,pembakaran.mulsa.agar gulma tidak berbuah dan berbunga.bisa juga dengan cara preventif yaitu dengan cara pembersihan bibit-bibit pertanaman dari kontaminasi biji-biji gulma,Pencegahan pemakaian pupuk kandang yang belum matang,Pencegahan pengangkutan jarak jauh jerami dan rumput-rumput makanan ternak,Pemberantasan gulma di sisi-sisi sungai dan saluran-saluran pengairan,Pembersihan ternak yang akan diangkut,Pencegahan pengangkutan tanaman berikut tanahnya.jika jawabannya salah saya minta maaf.

      Hapus
  29. setelah sya membaca materi ini, sya ingin bertanya, yang ingin sya tanyakan adlah apakah manusia juga sebagai gulma atau hama yang mengganggu pertumbuhan tanaman?

    BalasHapus
  30. Setelah saya membaca materi Bapak dapat saya simpulkan bahwa gulma adalah tumbuhan yang tidak di kehendaki kehadirannya pada tempat dan waktu tertentu.Jenis-jenis kemampuan bila tumbuh pada tempat dan waktu yang tidak di kehendaki juga dapat berstatus sebagai gulma. Suatu jenis tumbuhan dapat berstatus sebagai gulma karena faktor kemampuan bawaan sendiri,faktor lingkungan dan faktor Manusia.

    BalasHapus
  31. dari meteri yang saya baca di atas yang ingin saya tanyakan apabila dalam lahan yang kita gunakan untuk budidaya tanaman banyak terdapat macam-macam gulma cara yang paling baik untuk kita atasi gulma terebut seperti apa?

    BalasHapus
  32. Dari materi diatas saya ingin bertanya mengapa cara pengendalian tumbuhan parasit dilakukan dengan cara yag sama seperti pada gulma???

    BalasHapus
  33. trima kasih sebelumnya telah memberikan kesempatan untuk berkomentar walaupun terlambat. bapa saya mau tanya apa yang disebut perakaran masif? mengapa pada kebakaran masih bisa menghasilkan biji halus?

    BalasHapus
  34. selamat malam bapak, maaaf menggagu, saya kurang mengerti dengan kondisi tanah di NTT kenapa rentan sekali dengan gulma kerinyuh, padahal gulma ini dapat terjadi perampasan unsur hara dengan tanaman yang dibudidayakan. terimaksih bapak,

    BalasHapus
  35. setelah saya membaca materi bapak yakni OPT jenis gulma, saya dapat menyimpulkan gulma merupakan organisme yang dapat menurunkan hasil panen para petani. Begitu banyak gulma yang ada di dunia ini, tetapi yang ingin saya tanyakan adalah tumbuhan daun sirih. Kenapa tumbuhan ini meskipun dia hidup atau tumbuh pada tanaman lain seperti tanaman kopi, tetapi tidak menghambat pertumbuhan tanaman kopi?
    Terimaksih.

    BalasHapus
  36. dalam pertanian menanam dengan cara metode salome (satu lobang rame rame ) yang di lakukan oleh parah petani adalah cara efektif dalam pertanian yaitu menanam 3 benih yang berbeda misalnya (jagung,kacang hijau,dan labu. yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana jika tanaman yang di tuai pada lobang, tumbuh bersamaan dan besar bersamaan dan hasil yang di dapatkan buruk , tanaman apa yang dianggap hama.

    BalasHapus
  37. Saya ingin bertanya mengapa perkembangan hidup gulma sangat cepat dan dalam jumlah yg banyak?

    BalasHapus
  38. bantuanmenjawab,karna kemampuan gulma untuk mengadakan regenerasi atau perkembangbiakan memperbanyak diri besar sekali,khususnya pada gulma perennial gulma perennial yg hidupnya menahun dapat pula menyebar luas dengan cara perkembangbiakan vegetatif dan secara genetatif,luas penyebaran gulma di sebabkan oleh sifat daun yg dapat bermodifikasi,yaitu tumbuhan menjadi tumbuhan baru,demikian juga dengan bagian tumbuhan gulma yg dapat pula tumbu menjadi individu gulma yg baru seperti akar,batang,umbi,dan inilah yang memungkinkan gulma unggul dalam persaingan dengan tanaman budidaya

    BalasHapus
  39. Ingracia manehat31 Maret 2017 13.48

    dari pemaparan materi diatas diantara gulma tersebut salah satu gulma yang paling sering menyerang tanaman dan merugikan petani adalah?

    BalasHapus
  40. Dari materi diatas gulma menyerang daun yg lebar dan juga rumput, nah yg jadi pertanyaan saya ialah apakah gulma ini hanya menyerang pada daun yg lebar saja atau pada buah juga pak,?Terima kasih pak

    BalasHapus
  41. Dari materi diatas gulma menyerang daun yg lebar dan juga rumput, nah yg jadi pertanyaan saya ialah apakah gulma ini hanya menyerang pada daun yg lebar saja atau pada buah juga pak,?Terima kasih pak

    BalasHapus
  42. Dari materi diatas gulma menyerang daun yg lebar dan juga rumput, nah yg jadi pertanyaan saya ialah apakah gulma ini hanya menyerang pada daun yg lebar saja atau pada buah juga pak,?Terima kasih pak

    BalasHapus
  43. Dari materi diatas gulma menyerang daun yg lebar dan juga rumput, nah yg jadi pertanyaan saya ialah apakah gulma ini hanya menyerang pada daun yg lebar saja atau pada buah juga pak,?Terima kasih pak

    BalasHapus
  44. Selamat sore pak
    Terima kasih sebelumnya
    Materinya sangat lengkap dengan tambahan link-linknya sangat menarik dan saya bisa sedikit menyimpulkan bahwa tanaman kalau tumbuh ditempat tertentu dan keberadaannya bersifat merugikan maka bisa disebut gulma. Begitu juga dengan tumbuhan parasit yang merugikan inangnya.
    Berhubungan dengan materi diatas maka saya ingin meminta bantuan bapak bahwasannya saya mendapati anggapan di masyarakat petani desa yang mengatakan bahwa dimana gulma tumbuh subur berarti disitulah tempat yang cocok untuk ditanami dengan tanaman sedangkan yang lain lagi mengatakan bahwa kalau gulma sudah tumbuh subur ditempat itu berarti unsur hara dari tanah tersebut sudah diambil oleh gulma tersebut
    Jadi bagaimana saya harus menjelaskan dengan cara yang ilmiah pak? Mohon bantuan bapak, Terima kasih

    BalasHapus
  45. Dari materi yang sudah saya baca tentang OPT golongan Gulma.
    Saya dapat mengetahui bahwa, Gulma adalah tumbuhan yang tidak diinginkan kehadirannya karena dapat merugikan.
    Dan Gulma dapat dikategorikan sebagai berikut :
    1. Berdasarkan tipe daunnya.
    2. Berdasarkan pola pertumbuhannya.
    3. Berdasarkan jenis tanaman di sainginya.

    BalasHapus
  46. dari artikel yang saya baca diatas menjelaskan manusia juga merupakan faktor penting meyebabkan tumbuhan menjadi gulma,contohnya seperti pembakaran dan pengunaan herbisida karena selain dapat mengendalikan gulma jenis tertentu sebenarnya juga dapat mendorong berkembangnya jenis jenis gulma lain seperti gulma tahan api dam gulma tahan herbisida.
    Yang saya ingin tanyakan apakah penyebab timbulnya gulma tahan api dan atau pun gulma tahan herbisida?dan bagimana cara mengatasi supaya gulma jenis lain tidak muncul?

    BalasHapus
  47. Terimakasi atas materi yan telah di jelaskan apa sya dapat memahami apa itu gulma,pembagian gulma berdasarkan tipe, pembagian gulma berdasarkan tanaman yang di saiinginya, faktor bawaan sendiri.
    Berangakt dari pengalaman pak di daerah saya petani cendrung membersikan atau mematikan gulma dengan cara membakar lahan dengan tujuan agar gulma mati, memang cara membakar ini telah dibuktikan bahawa lahan itu bebas dari gulma.
    Yang menjadi pertanyaan saya pak mengapa di saat kita menanam tanaman gulma itu ikut tumbuh,apa yang menyebabkan hal itu terjadi pak, sementara sebelum menanam kita sudah membersihkan laahan dari gulma

    BalasHapus
  48. Lewat tulisan ini saya dapat mengetahui tentang organisme pengganggu tumbuhan golongan gulma,dimana gulma merupakan tanaman yang dapat menyaingi tanaman lainnya atau dapat dikatakan sebagai parasit.Gulma digolongkan kedalam berbagai banyak jenis dan untuk mengenali suatu jenis gulma perlu dilakukan pengamatan langsung dilapangan dan dilaboratorium.

    BalasHapus
  49. Selamat Siang...
    yang saya mengerti tentang gulma adala tanaman yang tidak kita inginkan tumbuh bersama tanaman yang kita budidayakan dan Gulma jika terus dibersihkan atau dikendalikan karena manusia menjadi salah satu faktor tanaman menjadi Gulma karena Manusia memindahkan tanaman keluar dari kawasan geografik asalnya.

    BalasHapus
  50. Ananda Dizyah12 Juli 2018 16.12

    Sehubungan dengan materi diatas, bahwa dengan pembakaran dan penggunaan herbisida selain dapat mengendalikan gulma tertentu juga dapat mendorong perkembangan gulma tersebut menjadi lebih tahan terhadap cara tersebut dan setahu saya banyak petani yang melakukan cara pembakaran yang bertujuan untuk membakar biji gulma ketika petani membuka lahan justru dapat membakar lapisan organik pada tanah. Yang saya ingin tanyakan bagaimana solusi untuk permasalahan ini dan apakah ada cara lain dalam mengendalikan gulma agar tidak menimbulkan dampak tersebut atau dampak lain yang merugikan ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  51. Trimakasih atas materinya, Saya ingin bertanya. Ada seorang petani, dalam musim lalu petani itu menanam kacang mudian musim berikut ia menanam jagung. Ketika jagung itu tumbuh, ternyata ada sisa benih kacang dari musim lalu juga yang ikut tumbuh dekat jagung tersebut. apakah kacang itu dapat disebut gulma?

    BalasHapus
  52. Gulma merupakan tumbuhan yang menyaingi tumbuhan budidaya atau tanaman sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan produksinya berkurang.
    Gulma menyaingi tanaman dalam memperoleh kebutuhan air, unsur hara dan sinar matahari.

    BalasHapus
  53. Berdasarkan materi yan telah di diketahui bahwa gulma adalah tumbuhan penggangu tanaman dan tumbuhan parasit juga termasuk dalam gulma. Cara yang paling umum untuk mengendalikan gulma adalah dengan membakar lahan agar gulma dapat hilang, namun cara tersebut memiliki dampak negatif yang besar seperti dapat membunuh mikro organisme dalam tanah dan terbakarnya bahan organik. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana peran pemerintah dan perguruan tinggi untuk mengatasi hal tersebut?

    BalasHapus
  54. Berkaitan dengan OPT golongan gulma yakni tumbuhan, saya ingin bertanya bagaimana jika pada sebuah lahan pertanian terdapat dua jenis tanaman budidaya yang keduanya saling berkompetisi untuk memperoleh sumber daya alam yang tersedia di lahan, apakah jenis tanaman budidaya tersebut dapat digolongkan sebagai organisme pengganggu tanaman golongan gulma???

    BalasHapus
  55. Berkaitan dengan OPT golongan gulma yakni tumbuhan saya ingin bertanya bagaimana jika pada sebuah lahan pertanian terdapat dua jenis tanaman budidaya yang keduanya saling berkompetisi untuk memperoleh sumber daya alam yang tersedia di lahan, apakah jenis tanaman budidaya tersebut dapat digolongkan sebagai organisme pengganggu tanaman golongan gulma?

    BalasHapus
  56. Berdasarkan materi tersebut yg saya pahami Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi.
    Keberadaan gulma menurunkan hasil karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksi melalui kompetisi.

    BalasHapus
  57. Dalam materi ini saya memhami apa itu gulma. Ia merupakan OPT tumbuhan yang merugikan para petani. namun dalam beberapa hal gulma dapat dimanfaatkan menjadi pupuk.

    BalasHapus
  58. Mengenai materi OPT golongan gulma ini, saya memahami bahwa gulma merupakan tumbuhan yang tidak dikehendaki kehadirannya pada tempat dan waktu tertentu.Mengapa tanaman juga dikatakan berstatus sebagai gulma bila tumbuh pada tempat dan waktu yang tidak di kehendaki?

    BalasHapus
  59. Dalam materi ini saya mengetahui bahwa gulama adalah OPT yang sangat merugikan petani,yang kehadiranya tidak di ingini karena dapat menggangu petumbuhan tanaman lainya seperti yang di tanam oleh petani.

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Dari materi yang saya baca,saya menyimpulkan bahwa tidak semua jenis gulma itu menyebabakan kerugian.pada tanaman budidaya tertentu memang gulma menyebabakan kerugian dan memang harus dikendalikan,tetapi ada jenis gulma yang memberikan keuntungan dan menurut saya tidak perlu dikendalikan.
    Terima kasih.

    BalasHapus

Untuk mengomentari tayangan ini, silahkan tulis dan poskan di bawah ini ...

Daftar Istilah

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y,
Z, daftar istilah entomologi dari EartLife