Halaman Aktif

Selamat Datang

Belajar Perlindungan Tanaman adalah blog baru yang sedang dibuat untuk mendukung mahasiswa Faperta Undana mempelajari mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Pada saat ini blog belum selesai dikerjakan sehingga hanya menyedaiakan fitur layanan secara terbatas. Silahkan kunjungi blog lama untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan yang akan diberikan melalui blog baru ini. Bila Anda adalah mahasiswa peserta mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman semester genap Tahun Ajaran 2018/2019, Anda wajib membaca materi sebelum mengikuti kuliah dan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan singkat di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan. Baca tanggal tenggat penyampaian komentar di bagian bawah setiap materi kuliah.

Pemberitahuan

Diberitahukan bahwa pada Jumat, 8 Maret 2019, dosen Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D. tidak dapat hadir memberikan kuliah tatap muka karena bertugas ke luar kota. Kuliah dengan materi 2.3. Berbagai Jenis OPT Golongan Gulma, Tumbuhan Parasitik, dan Tumbuhan Invasif akan diberikan oleh dosen Ibu Ethin Namas, SP, MSi. Mahasiswa diminta mengikuti perkuliahan dan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan mengenai materi kuliah selambat-lambatnya pada Jumat, 15 Maret 2019. Mahasiswa yang tidak menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan melewakti batas waktu tersebut tidak akan memperoleh nilai softskill.

Senin, 20 Februari 2017

1.1. Permasalahan dan Pengertian Perlindungan Tanaman

Print Friendly and PDF
Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire Manusia memerlukan tanaman untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, tetapi pada tempat dan waktu yang bersamaan berbagai jenis organisme lain juga memerlukan tanaman untuk tujuan yang sama. Hal ini menyebabkan manusia menjadi merasa dirugikan dan oleh karena itu perlu melakukan berbagai upaya agar tanamannya tidak diganggu, dirusak, atau bahkan dimatikan oleh organisme lain. Tanaman, sebagaimana juga organisme lain yang mengganggu kehidupan, merusak, dan/atau menyebabkan kematiannya, dan juga manusia sendiri, merupakan bagian dari ekosistem (ecosystem) yang saling berkaitan dengan berbagai jenis organisme lain melalui jejaring makanan (food web). Upaya perlindungan tanaman yang ditujukan terhadap jenis-jenis organisme yang merusak, mengganggu kehidupan, dan/atau mematikan tanaman pada akhirnya bukan hanya berdampak pada organisme tersebut, tetapi juga organisme lain yang justeru bermanfaat, dan bahkan juga terhadap manusia sendiri.

Kebutuhan manusia akan hasil tanaman akan terus meningkat seiring dengan terus semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia. Menurut Departemen Urusan Ekonomi dan Penduduk PBB (1999), penduduk dunia diperkirakan akan terus meningkat menjadi 8.011.533.000 jiwa pada 2025 dan 9.149.984.000 jiwa pada 2050. Penduduk yang terus meningkat, disertai dengan perubahan pola konsumsi penduduk negara-negara maju ke arah bahan pangan yang lebih berkualitas dan kebutuhan biji-bijian sebagai bahan pakan untuk memenuhi kebutuhan pangan berkualitas tersebut, akan menyebabkan kebutuhan bahan pangan terus meningkat lebih dari dua kali dari yang dibutuhkan saat ini. Sekalipun tanpa gangguan, kerusakan, dan kematian tanaman yang disebabkan oleh organisme lain, kebutuhan bahan pangan tersebut sulit dapat dipenuhi karena berbagai faktor, di antaranya keterbatasan lahan, konversi lahan pertanian, kesulitan memperoleh air irigasi, dan sebagainya, dan bahkan konversi bahan pangan menjadi bahan bakar hayati (biofuel) sebagaimana yang dilakukan di negara-negara maju. Upaya untuk mencukupi kebutuhan pangan tersebut akan menjadi semakin sulit mengingat berbagai jenis organisme lain menyebabkan produksi tanaman pangan yang benar-benar dapat dicapai akan senantiasa lebih rendah daripada yang seharusnya.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk melindungi tanaman dari gangguan, kerusakan, maupun kematian yang disebabkan oleh organisme lain yang terdiri atas golongan binatang, patogen, dan gulma. Meskipun demikian, produksi yang benar-benar dapat dicapai tetap saja lebih rendah daripada produksi yang seharusnya. Kehilangan hasil (yield loss), yaitu perbedaan antara produksi yang benar-benar dapat dicapai dengan produksi yang seharusnya, tetap saja besar. Untuk tanaman pangan, kehilangan hasil potensial, yaitu perbedaan produksi antara yang berhasil dicapai dibandingkan dengan produksi yang seharusnya, mencapai 67,4%, sedangkan kehasilan hasil aktual, yaitu perbedaan produksi antara yang berhasil dicapai dengan berbagai upaya perlindungan tanaman dibandingkan dengan produksi yang seharusnya, masih tetap tinggi, yaitu sebesar 32,1%. Tanpa upaya perlindungan tanaman, kehilangan hasil tertinggi disebabkan oleh tumbuhan lain yang tumbuh bersaing dengan tanaman (31,8%), sedangkan dengan perlindungan tanaman, kehilangan hasil tertinggi disebabkan oleh virus (10,1%). Dengan kata lain, perlindungan tanaman paling berhasil mengurangi kehilangan hasil potensial yang disebabkan oleh berbagai jenis tumbuhan lain yang tumbuh bersaing dengan tanaman.

Uraian suram di atas mencakup hanya tanaman pangan, belum kelompok tanaman lain seperti tanaman hortikultura dan tanaman perkebunan yang diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia lainnya di luar kebutuhan pangan. Kehilangan hasil pada berbagai kelompk tanaman lain tersebut juga tidak jauh berbeda, bahkan mungkin lebih besar. Kehilangan hasil besar yang disebabkan oleh organisme yang merusak, mengganggu kehidupan, dan/atau mematikan tanaman dapat terjadi karena berbagai faktor yang berkaitan dengan budidaya tanaman sendiri, dengan organisme perusak, pengganggu kehidupan, dan/atau penyebab kematian tanaman, maupun dengan upaya perlindungan tanaman yang perlu dilakukan. Budidaya tanaman sendiri masih dilakukan secara ekstensif dan manual di negara-negara sedang berkembang sampai secara sangat intensif dan mekanis di negara-negara maju. Budidaya tanaman yang padat teknologi di negara-negara maju, bukan hanya dapat lebih bisa membuat kondisi lingkungan menjadi lebih sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, tetapi juga lebih bisa mengurangi gangguan, kerusakan, maupun kematian tanaman yang disebabkan oleh berbagai organisme lain, daripada budidaya padat tenaga kerja di negara-negara sedang berkembang. Kemampuan negara-negara maju untuk melakukan hal tersebut tidak terlepas dari peran pemerintah yang memberikan perhatian penuh terhadap permasalahan perlindungan tanaman, baik melalui kebijakan yang dibuat maupun melalui dukungan terhadap penelitian dan pengembangan teknologi perlindungan tanaman.

Faktor yang juga menjadikan permasalahan perlindungan tanaman menjadi kompleks adalah kenyataan bahwa organisme yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, dan/atau merusakan tanaman terdiri atas berbagai jenis yang kemampuannya untuk menyebabkan kehilangan hasil sangat beragam. Jenis organisme yang sangat banyak dan beragam tersebut mencakup golongan binatang, janur dan bakteria, virus, dan tumbuhan pesaing tanaman. Jenis-jenis organisme organisme perusak, pengganggu kehidupan, dan/atau penyebab kematian tanaman dari golongan binatang (animal) lazim disebut hama (pests), dari golongan jamur (fungi), bakteri (bacteria), dan virus (virus) disebut patogen (pathogens), dan dari golongan tumbuhan (plant) pesaing tanaman disebut gulma (weeds). Binatang hama, patogen, dan gulma secara keseluruhan juga disebut hama, dalam hal ini hama dalam arti luas (pests sensu lato), sedangkan hama golongan binatang atau binatang hama merupakan hama dalam arti sempit (pests sensu stricto). Khusus di Indonesia, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hama dalam arti luas sekarang disebut Organisme Pengganggu Tumbuhan atau lazim disingkat OPT, yang didefinisikan sebagai:
semua organisme yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian tumbuhan.
Perhatikan bahwa dalam definisi ini digunakan istilah tumbuhan, bukan hanya tanaman sebagai jenis-jenis tumbuhan yang dibudidayakan, dan istilah pengganggu, yang dimaksudkan untuk mencakup pengertian merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian. Dalam bahasa sehari-hari, sering digunakan istilah menyerang. Istilah menyerang ini bukan hanya digunakan secara luas, tetapi juga secara salah kaprah sehingga penyakit yang bukan merupakan organisme pun juga dikatakan menyerang.

Berbagai jenis binatang, jamur, bakteria, dan virus, maupun tumbuhan memperoleh status sebagai OPT melalui berbagai cara untuk menyebabkan kehilangan hasil:
  1. Memakan bagian-bagian tanaman dengan berbagai cara. Organisme pengganggu tumbuhan dari jenis binatang merusak dan/atau mengganggu kehidupan tanaman atau hasil tanaman dengan cara ini. Bagian-bagian tanaman yang dimakan akan mengalami kerusakan secara mekanik sehingga bila terjadi pada bagian yang merupakan hasil maka akan mengurangi berat atau mutu.
  2. Mengganggu proses fisiologis tanaman. Kerusakan dengan cara ini ditimbulkan oleh organisme pengganggu dari golongan binatang, patogen, maupun gulma. Serangga penggerek batang dan patogen yang hidup pada pembuluh angkut akan mengganggu transportasi unsur hara dan fotosintat. Jenis gulma tertentu dapat mengganggu proses fisiologis tanaman dengan cara menghasilkan senyawa kimia tertentu.
  3. Menyaingi atau mengganggu dalam memperoleh sumberdaya kebutuhan hidup tanaman. Kerusakan dan gangguan dengan cara ini ditimbulkan terutama oleh gulma dalam hal memperoleh air, unsur hara, sinar matahari, dan ruang hidup. Patogen tertentu juga dapat menimbulkan gangguan ini, misalnya jamur jelaga yang menutupi permukaan daun sehingga menghambat proses fotosintesis.
  4. Menjadi perantara penularan organisme lain yang lebih merusak. Organisme tertentu merusak atau mengganggu kehidupan tanaman dengan menjadi perantara penularan bagi organisme lain yang lebih merusak. Misalnya, wereng cokelat, menyebabkan kerusakan langsung yang kurang berarti dibandingkan dengan kerusakan yang disebabkan oleh virus penyebab penyakit tungro yang ditularkannya.
  5. Menjadi tempat bertahan dan sumber penularan. Pada saat tanaman tidak tersedia, gulma dapat menjadi tempat bertahan hidup bagi jenis-jenis organisme penggangu tertentu sehingga pada musim tanam berikutnya organisme pengganggu yang bertahan tersebut menjadi sumber penular terhadap tanaman yang dibudidayakan.
  6. Menghasilkan racun yang dapat mengkontaminasi hasil. Berbagai jenis patogen menghasilkan senyawa kimia beracun sebagai metabolit sekunder dan senyawa beracun tersebut dapat mengkontaminasi hasil tanaman. Organisme penggaggu tumbuhan dari jenis jamur tertentu, misalnya Aspergillus dan Fusarium, menghasilkan racun dalam kategori ini.
  7. Mencemari dengan keberadaan organisme yang bersangkutan. Organisme pengganggu tumbuhan yang memakan bagian tanaman yang berupa hasil akan menjadi pencemar (kontaminan) pada hasil pada saat dikonsumsi atau dijual. Keberaadaan organisme pengganggu sebagai kontaminan pada hasil menyebabkan hasil menjadi kurang layak dikonsumsi atau harganya rendah pada saat dijual. Misalnya, kumbang bubuk merupakan kontaminan terhadap hasil jagung.
Meskipun terdapat berbagai cara organisme dapat menyebabkan kehilangan hasil, kemampuan satu jenis organisme untuk merusak, mengganggu tanaman, dan/atau mematikan tanaman sebenarnya berbeda-beda, bergantung terutama pada:
  • Kemampuan merusak yang dimiliki oleh setiap individu jenis organisme yang bersangkutan, ditentukan terutama oleh sifat-sifat bawaan jenis organisme yang bersangkutan, 
  • Jumlah individu jenis organisme yang bersngkutan, pertumbuhan dan perkembangan populasinya, yaitu jumlah individu-individu jenis organisme tersebut pada tempat dan waktu tertentu, dipengaruhi oleh keadaan lingkungan dan aktivitas manusia, 
  • Kepentingan manusia terhadap jenis tanaman yang dirusak oleh jenis organisme yang bersangkutan, kepentingan manusia terhadap setiap jenis tanaman juga tidak sama sehingga kerusakan yang terjadi pada satu jenis tanaman dan pada jenis tanaman lain, meskipun keparahannya sama, tidak akan bernilai sama.
Kombinasi ketiga faktor ini dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan dan berbagai aktivitas yang dilakukan manusia sendiri, yang pada kelanjutannya akan berpengaruh terhadap tanaman, terhadap organisme yang berpotensi merusak, mengganggu kehidupan atau menyebabkan kematian tanaman, dan terhadap lingkungan hidup. Oleh karena itu, organisme lain berstatus sebagai hama dalam arti luas atau sebagai OPT bukan karena bawaan, atau karena kelahiran, melainkan karena keadaan. Status sebagai OPT, dengan demikian bukan merupakan status obyektif, melainkan status subyektif. Status subyektif tersebut terjadi karena pengaruh faktor lingkungan, pengaruh manusia terhadap organisme lain dan lingkungan hidupnya, dan kepentingan manusia terhadap hasil tanaman. Status sebagai OPT yang bersifat subyektif ini merupakan satu di antara berbagai faktor yang menyebabkan permasalahan perlindungan tanaman menjadi sangat rumit (kompleks).

Untuk melindungi tanaman dari gangguan berbagai jenis OPT, petani perlu melakukan perlindungan tanaman. Menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, perlindungan tanaman merupakan "segala upaya untuk mencegah kerugian pada budidaya tanaman yang diakibatkan oleh organisme pengganggu tumbuhan". Perlindungan tanaman tersebut, sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan,  "... dilaksanakan melalui kegiatan berupa (a) pencegahaan masuknya OPT ... atau tersebarnya ke area lain ... (b) pengendalian OPT, (c) eradikasi OPT". Sebagaimana juga yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, “Pelaksanaan perlindungan tanaman ... menjadi tanggung jawab masyarakat dan Pemerintah.” Karena merupakan kewajiban maka petani perlu melaksanakan perlindungan tanaman. Akan tetapi, bagaimana dapat melaksanakan perlindungan tanaman bila tidak menyadari bahwa OPT dapat menimbulkan kehilangan hasil sedemikian besar. Kalaupun menyadari, bagaimana dapat melaksanakan perlindungan tanaman kalau tidak tahu perlindungan tanaman harus diprioritaskan terhadap OPT yang mana. Meskipun mengetahui perlindungan tanaman harus dilakukan OPT yang mana, petani sering tidak melaksanakannya karena mengalami kesulitan biaya. Pemerintah memang membantu melaksanakan perlindungan tanaman, tetapi menurut ketentuan peraturan perundang-undangan, hal itu baru bisa dilakukan “apabila terjadi eksplosi.”

Uraian di atas menunjukkan bahwa kerumitan permasalahan perlindungan tanaman terjadi bukan semata-mata karena banyaknya jenis organisme yang berpotensi menjadi OPT, tetapi juga karena banyaknya kepentingan manusia yang diharapkan dapat dipenuhi dari tanaman. Dalam melindungi tanaman dari OPT guna mewujudkan kepentingan yang diharapkannya dari tanaman, manusia justru melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan permasalahan baru. Intensifikasi pertanian sebagai bagian dari Revolusi Hijau pada awalnya memang seakan-akan dapat mengatasi permasalahan, tetapi pada akhirnya justru menimbulkan masalah baru. Pembudidayaan satu jenis tanaman dalam areal yang luas secara monokultur dan terus menerus, yang disertai dengan pemupukan dalam dosis tinggi dan penggunaan pestisida yang pada mulanya dipandang sebagai ‘obat’ untuk melindungi tanaman, ternyata kemudian justru menimbulkan eksplosi OPT.

Eksplosi (explosion), yang juga lazim disebut ledakan (outbreak), tersebut terjadi karena budidaya monokultur secara terus menerus dengan pemupukan dosis tinggi menguntungkan pertumbuhan populasi OPT, sedangkan penggunaan pestisida secara sembarangan dapat menyebabkan OPT menjadi resisten, yaitu menjadi tahan terhadap herbisida dengan bahan aktif tertentu. Penggunaan pestisida, yang sesungguhnya bukan obat melainkan racun, selain membunuh OPT sasaran, juga dapat membunuh berbagai organisme bermanfaat, termasuk organisme yang menjadi musuh alami (natural enemies) bagi OPT sasaran. Sebagaimana dengan manusia yang menghadapi OPT sebagai musuh, dalam ekosistem alami OPT menghadapi berbagai organisme lain sebagai musuh. Hal ini terjadi karena dalam ekosistem, berbagai jenis organisme berinteraksi dalam proses makan memakan yang disebut jejaring makanan. OPT merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian tanaman, sementara berbagai organisme lain juga melakukan hal yang sama terhadap OPT. Namun dalam ekosistem pertanian, yang juga lazim disebut agroekosistem, penggunaan herbisida menyebabkan sebagian besar musuh alami mati sehingga OPT dapat berkembang biak dengan cepat karena tidak ada yang memakannya sebagaimana yang terjadi pada ekosistem alami.

Kerumitan permasalahan perlindungan tanaman sebenarnya belum selesai sampai di sini. Berbagai permasalahan lain akan diuraikan lebih lanjut pada tulisan-tulisan selanjutnya. Namun sebelum mengakhiri tulisan ini, perlu dipahami bahwa kerusakan, gangguan kehidupan, atau kematian yang disebabkan oleh OPT terhadap tanaman dapat terjadi setiap saat, mulai sejak benih ditugal sampai dengan ketika hasil panen telah disimpan. Kerusakan, gangguan kehidupan, dan/atau kematian tanaman yang terjadi menjelang panen, atau lebih-lebih lagi ketika hasil sudah disimpan, akan menyebabkan semua biaya produksi, pengangkutan, dan penyimpanan menjadi sia-sia. Hal ini berbeda dengan produksi rendah yang terjadi karena petani lalai mengolah tanah, mengairi, atau memupuk, yang karena tidak dilakukan maka petani tidak perlu mengeluarkan biaya. Dalam hal terjadi eksplosi OPT, bukan hanya produksi menjadi rendah atau bahkan benar-benar gagal, tetapi semua biaya produksi yang telah dikeluarkan untuk mengolah tanah, membeli benih, melakukan pengairan, memupuk, dan sebagainya, akan hilang sia-sia. Bila petani memperoleh biaya tersebut dari meminjam, dari orang lain atau dari bank, maka pinjaman tetap harus dilunasi. Dalam hal petani tidak mengolah tanah dengan semestinya, tidak mengairi, atau tidak memupuk, petani tidak perlu mengembalikan apa-apa kepada siapapun.

Softskill
Bagikan tulisan ini melalui Google +, Facebook, atau Twitter dengan mengklik ikon berbagi yang terdapat di bagian bawah tulisan. Kemudian berikan komentar dengan menggunakan alamat email yang menggunakan nama sebenarnya, dengan cara mengetikkan dalam kotak Masukkan komentar Anda... mengenai apa yang dapat dipahami dari tulisan di atas dan ajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dipahami dan kemudian mengklik tombol Publikasikan. Sampaikan komentar dan pertanyaan maksimum sebanyak 150 kata selambat-lambatnya pada 2 Maret 2018.

Creative Commons License


Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan yang tersedia. Bila Anda masih mempunyai pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.

144 komentar:

  1. Dalam suatu upaya budidaya tanaman yang menjadi kendala adalah permasalahan dalam perlindungan tanaman. Yang dimana perlindungan tanaman sangatlah dibutuhkan oleh manusia karena manusia sangat membutuhkan tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya begitupun juga dengan organisme. Akan tetapi perlindungan tanaman timbul bukan hanya sekedar gangguan, kerusakan, atau kematian tanaman yang disebabkan oleh organisme tersebut tetapi karena disebabkan oleh berbagai faktor yaitu Budidaya tanaman yang kurang intensif sehingga menimbulkan kehilangan hasil. Adapun juga organisme yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, dan/atau merusakan tanaman terdiri atas berbagai jenis yang kemampuannya untuk menyebabkan kehilangan hasil sangat beragam. Jenis organisme yang sangat banyak dan beragam tersebut mencakup golongan binatang biasanya disebut hama, dari golongan jamur (fungi), bakteri (bacteria), dan virus (virus) disebut patogen (pathogens), dan dari golongan tumbuhan (plant) pesaing tanaman disebut gulma (weeds).


    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Arti penting tanaman sebagai sumber pangan bagi kelangsungan hidup makluk, ketersediaannya semakin terbatas karena meningkatnya populasi penduduk,konversi lahan pertanian,keterbatasan air irigasi. kondisi ini terjadi di semua belahan dunia sehingga persoalan pangan saat ini menjadi persoalan mendunia yang sifatnya semakin kompleks.Di bidang agronomi salah satu factor yang berpengaruh cukup siginifikan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman yakni adanya gangguan organisme pengganggu berupa binatang,jamur,bakteri,virus dan tumbuhan pesaing sebagai dampak dari persaingan dalam memanfaatkan fungsi tanaman itu sendiri. Semakin kompleksnya persoalan ini dibutuhkan penanganan yang lebih serius dan bersifat holistic dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang terkait baik teknis (penerapan teknologi pertanian) maupun non teknis(kebijakan pemerintah).Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan hasil tanaman dalam menjawab persoalan keterbatasan pangan di bidang agronomi yakni dengan menerapkan sistim perlindungan tanaman. Dalam hal ini upaya penyadaran dan pembinaan kepada para petani harus terus dilakukan sehingga petani sebagai pelaku utama bisa menerapkannya secara sadar dan bisa berkelanjutan.

    BalasHapus
  3. organisme yang berstatus sebagai hama dalam arti luas atau sebagai OPT bukan karena bawaan,atau karena kelahiran,melainkan karena keadaan.status sebagai OPT,bukan merupakan status obyektif,melainkan status subyektif.status subyektif tersebut terjadi karena pengaruh faktor lingkungan,pengaruh manusia terhadap organisme lain dan lingkungan hidupnya,dan kepentingan manusia terhadap hasil tanaman.status sebagai OPT yang bersifat subyektif ini merupakan satu diantara berbagai faktor yang menyebabkan permasalahan perlindungan tanaman menjadi sangat rumit{kompleks}. Yang menjadi pertanyaan saya,Mengapa OPT tidak disebut sebagai status obyektif melainkan disebut sebagai status subyektif? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena selain kemampuannya merusak (obyektif), suatu organisme bisa menjadi OPT juga karena jumlahnya (padat populasinya) dan nilai tanaman yang dirusak. Padat populasi organisme dan nilai tanaman berubah setiap saat sehingga status OPT bersifat subyektif.

      Hapus
  4. revolusi hijau muncul sebagai akibat dari meningkatnya kebutuhan manusia akan bahan pangan.pupuk kimia dan pestisida yang seharusnya menjadi racun bagi OPT kini berubah fungsi menjadi obat karena OPT menjadi resisten terhadap pestisida dan pupuk kimia serta menimbulkan eksplosi. selain itu berbagai jenis OPT memiliki kemampuan merusak yang beragam sehingga diperlukan teknologi yang canggih agar kerusakan yang disebabkan oleh OPT dapat diatasi dan mungkin bisa dicegah kerusakan yang akan terjadi. namun selain memiliki teknologi yang canggih juga harus ada kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. kurangnya kepedulian pemerintah dan masyarakat dalam melindungi tanaman dari OPT menyebabkan OPT semakin merajalela ditambah penggunaan pupuk kimia dan pestisida dengan dosis yang tinggi memnimbulkan masalah baru karena terbunuhnya musuh alami OPT yang sebenarnya menguntungkan manusia. oleh karena itu penggunaan pupuk dan pestisida harus digunakan secara bertanggung jawab dan dengan dosis yang tepat agar tidak menimbulkan kerugian yang besar.

    BalasHapus
  5. dari paparan materi diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali permasalahan dalam melindungi tanaman. hal ini disebabkan karena tanaman memiliki banyak musuh sehingga harus dilindungi.apalagi terdapat berbagai macam OPT yang memiliki kemampuan merusak yang berbeda-beda. untuk mengatasi kerugian yang sebabkan oleh OPT maka diperlukan berbagai macam upaya seperti menggunakan teknologi yang canggih seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju sehingga kerugian dapat diatasi. selain itu teknologi yang canggih dibutuhkan juga kerjasama yang baik dari pemerintah dan masyarakat. seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah di Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur masih kurang peduli terhadap perlindungan tanaman dan cara penanggulangan OPT juga masih menggunakan cara ekstensif dan manual sehingga belun dapat diatasi secara baik. oleh karena itu perlu ditingkatkan kualitas teknologi yang digunakan dan Sumber Daya Manusia.

    BalasHapus
  6. setelah saya membaca materi diatas dapat disimpulkan bahwa perlindungan tanaman sangat penting untuk setiap manusia yang melakukan budidaya tanaman.ditambah banyaknya musuh tanaman yang tingkat kerusakannya berbeda-beda. oleh karena itu diperlukan berbagai macam upaya untuk melindungi tanaman dari OPT. salah satu cara untuk melindungi tanaman dari OPT adalah menggunakan teknologi canggih seperti pada negara-negara maju sehingga kerugian yang disebabkan oleh OPT dapat teratasi dan bisa dicegah. namun di Indonesia khususnya Propinsi Nusa Tenggara Timur, teknologi yang ada masih kurang memadai sehingga tingkat kerusakan yang disebabkan oleh OPT belum bisa diatasi secara baik. ditambah lagi kepercayaan masyarakat yang percaya bahwa sebagian serangga adalah merupakan kutukan dari dewa. selain itu kurangnya kepedulian pemerintah terhadap perlidungan tanaman dari OPT menyebabkan OPT semakin merajalela karena penanggulangan OPT yang lambat. oleh karena itu disarankan agar adanya teknologi yang memadai dan perhatian pemerintah yang lebih serius dalam melindungi tanaman dari OPT.

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas bahan kuliah yang sudah Bapak tulis, sehingga dapat menambah pemahaman dan wawasan saya tentang Pengertian Perlindungan Tanaman.

    Secara keseluruhan, bahan kuliah tersebut sangat komunikatif, sehingga dapat saya mengerti dan saya pahami.

    Saya sangat tertarik dan merasa tertantang dengan prediksi yang tertulis di paragraf kedua, kalimat baris ke delapan dst, antara lain dituliskan :

    Sekalipun tanpa gangguan, kerusakan, dan kematian tanaman yang disebabkan oleh organisme lain, kebutuhan bahan pangan tersebut sulit dapat dipenuhi karena berbagai faktor, di antaranya keterbatasan lahan, konversi lahan pertanian, kesulitan memperoleh air irigasi, dan sebagainya...................

    Bertolak dari kalimat tadi, maka perlindungan tanaman merupakan usaha yang sangat tepat untuk meminimalisir kehilangan hasil (yield loss), sebagai salah satu usaha untuk pemenuhan bahan pangan.

    Dengan memahami arti pentingnya Perlindungan Tanaman dan begitu kompleksnya permasalahan yang ada, maka saya berharap semoga Pemerintah dapat lebih memperhatikan (lebih concern) terhadap berbagai hal terkait dengan perlindungan tanaman, baik melalui dana riset yang diperbesar maupun dengan berbagai kebijakan dan regulasi di lapangan, sehingga kekhawatiran seperti yang tertulis dalam paragraf diatas, pada akhirnya dapat diminimalisir ataupun dapat ditiadakan.
    Selain pemerintah, pihak lain seperti perusahaan-perusahaan BUMN maupun Swasta juga diharapkan dapat mendukung terhadap permasalahan Perlindungan Tanaman ini, misal dengan bantuan melalui dana corporate social responsibility.

    Dengan sinergi yang baik antara Pemerintah, Swasta dan pihak-pihak lain, semoga Indonesia dapat berjaya sebagai negara agraris.

    Sekian tanggapan dan harapan saya, mohon maaf atas kekurangan yang ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali, tolong tulisa lebih ringkas dan hanya dalam satu alinea. Jangan menekan Enter setiap mengakhiri satu kalimat, tekan hanya tombol titik.

      Hapus
  8. Terima kasih atas materi yang sudah bapak muat dalam blog ini,dimana kami aakan menambah wawasan lebih mendalam tentang ilmu perlindungan tanaman.

    dari materi yang saya baca,manusia memerlukan tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,tetapi pada tempat dan waktu yang bersamaan organisasi lain juga memerlukannya.maka manusia harus melakukan upaya untuk melindungi tanaman dari gangguan,kerusakan maupun kematian yang disebabkan oleh organisme lain seperti binatang,jamur,bakteri dan tumbuhan lain.

    sekian komentar saya,mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang menyenangkan.

    BalasHapus
  9. setelah saya membaca materi tersebut, saya ingin bertanya kepada bapak. apakah sudah ada campur tangan dari pemerintah terkait dengan cara bagaimana melindungi tanaman dan mengendalikan organisme penggangu tanaman?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemerintah sudah terlibat dalam perlindungan tanaman, tetapi keterlibatan pemerintah perlu lebih difokuskan pada pemberdayaan petani, bukan hanya dengan memberikan sarana dan prasarana.

      Hapus
  10. saya telah membaca materi di atas dan saya ingin bertanya pada bapak, permasalahan apa yang sering di jumpai oleh petani dalam hal melindungi tanaman dari gangguan hama atu OPT?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua permasalahan yang disebutkan dalam tulisan ini adalah permasalahan yang dihadapi pertani. Tolong baca ulang ...

      Hapus
  11. Terima kasih atas paparan materinya pak.Yang ingin saya tanyakan disini adalah mengapa eksplosi(explesion) atau yang disebut dengan ledakan (outbreak) dapat menguntungkan pertumbuhan populasi OPT? Dan mengapa penggunaan pestisida sembarangan dapat menyebabkan OPT menjadi resistin serta bahan aktif apa yang terkandung di dalam pestisida tersebut sehinnga OPT menjadi resistin? Terima Kasih.

    BalasHapus
  12. Materi Permasalahan dan Pengertian Perlindungan Tanaman ini memberikan banyak pengetahuan untuk saya yakni pengertian perlindungan tanaman itu sendiri dan juga permasalahan mengenai perlindungan tanaman. Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya untuk menangani permasalahan tersebut.
    Upaya perlindungan tanaman ditujukan pada jenis-jenis organisme yang merusak,mengganggu kehidupan dan/atau mematikan tanaman. Dikatakan merusak,menggangu kehidupan dan/atau mematikan tanaman dapat ditentukan oleh: a. Jumlahnya,apakah tanaman yang dirusak oleh OPT jumlahnya banyak atau sedikit? b.Kemampuan merusaknya. c. Nilai tanamannya,apakah nilai tanaman yang dirusak oleh OPT bernilai tinggi ataukah tidak?
    Kesimpulan saya Tanaman harus dilindungi dari OPT sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi manusia ataupun organisme lainnya.
    Sekian komentar saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. a) Jumlah dalam hal ini adalah jumlah OPT, bukan jumlah tanaman, semakin banyak jumlah OPT maka tanaman menjadi semakin rusak, b) Kemampuan merusak dalam hal ini adalah kemampuan merusak setiap individu OPT yang berbeda-beda bergantung pada jenis OPT, dan c) nilai tanaman dalam hal ini adalah nilai ekonomis, nilai sosial, nilai budaya, dsb., yang berbeda-beda bergantung pada jenis tanaman.

      Hapus
  13. Setelah saya membaca materi di atas dapat di simpulkan bahwa semua makhluk hidup membutukan tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.adapun berbagai macam OPT yang bisa menyebabkan tanaman tersebut mati dan akan menimbulkan kerugian pada makhluk hidup.
    yang saya ingin tanyakan apakah pemerintah sudah mengatasi berbagai kendala dalam melindungi tanaman dari OPT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca jawaban terhadap pertanyaan Glen Aviandro ...

      Hapus
  14. perlindungan tanaman bukan semata mata untuk melindungi tapi juga demi kebutuhan manusia akan hasil tanaman akan terus meningkat seiring dengan terus semakin meningkatnya jumlah kebutuhan.Faktor yang juga menjadikan permasalahan perlindungan tanaman menjadi kompleks adalah kenyataan bahwa organisme yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, dan/atau merusakan tanaman terdiri atas berbagai jenis yang kemampuannya untuk menyebabkan kehilangan hasil sangat beragam. hal ini dapat menyebabkan kerusakan tanman yang cukup parah. perlu ada campur tangan pemerintah dalam menangani permasalahan tersebut.

    BalasHapus
  15. Berbagai upaya telah dilakukan untuk melindungi tanaman dari gangguan, kerusakan, maupun kematian yang disebabkan oleh organisme telah dilakukan. upaya ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. pertanyaan saya sejauh mana peran pemerintah dalam mengupaya perlindungan tanaman?

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Terima kasih pak,atas materi yang telah dipaparkan. Yang mau saya tanyakan, upaya apa saja yang sudah dilakukan untuk melindungi tanaman dari gangguan, kerusakan maupun kematian yang disebabkan oleh organisme lain? dan apakah upaya tersebut sudah berhasil atau masih gagal? Terima kasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upaya untuk melindungi tanaman dari kerusakan oleh OPT akan dijelaskan pada tulisan-tulisan selanjutnya ... Upaya perlindungan tanaman dapat berhasil atau tidak berhasil, bergantung pada banyak faktor yang akan dijelaskan pada tulisan-tulisan selanjutnya ...

      Hapus
  18. dari materi yang sya baca dan pahami, tanaman membutuhkan perlindungan yang optimal maka sya berharap agar pemerintah dapat lebih memperhatiakn masyarakat, agar masyarakat lebih memperhatikan bagaimana cara menggunakan pestisida dengan baik dan bebar

    BalasHapus
  19. setelah saya membaca materi diatas saya ingin bertanya kepada bapak,bagaimana upaya pemerintah dalam membantu para petani untuk mengatsi gangguan,krusakan,dan kematian tanaman yang disebabkan oleh organisme lain.sekain dan terima kasih

    BalasHapus
  20. Masalah yang di hadapi bidang perlindungan tanaman di indonesia sangat rumit dan dinamis,tidak dapat di lepaskan dari berbagai masalah yang di hadapi oleh sistim yang lebih besar yaitu sistem perlindungan tanaman selalu berubah dan berkembang.
    Kebutuhan manusia akan hasil tanaman terus meningkat seiring dengan terus meningkatnya jumlah penduduk dunia.Upaya untuk mencukupi kebutuhan pangan tersebut akan menjadi semakin sulit mengigat berbagai jenis organisme lain menyebabkan produksi tanaman pangan yang benar-benar dapat di capai akan senantiasa lebih rendah dari pada yang seharusnya.
    Oleh karna itu masalah perlindungan tanaman tidak dapat di lihat dan di selesaikan hanya dari aspek ilmu dan teknologi,tetapi di selesaikan secara hilistik melibatkan semua pihak trkait(stakeholder),lintas sektor dan harus terpadu

    BalasHapus
  21. saya telah membaca materi di atas dan kemudian timbul pertanyaan di benak saya. dalam satu lingkungan tanaman, terdapat banyak organisme yang hidup di situ( organisme yang merugikan dan organisme yang bisa menguntungkan tanaman tersebut). Jika petani menggunakan pestisida untuk memberantas organisme penggangu, apakah secara tidak sadar dapat membunuh organisme yang tidak merugikan tanaman tersebut?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bergantung pada karakteristik pestisida yang digunakan, apakah berspektrum luas (membunuh apa saja) atau berspektrum sempit (hanya membunuh jenis OPT tertentu saja). Bila menggunakan pestisida berspektrum luas maka dapat membunuh apa saja, termasuk organisme yang bermanfaat seperti lebah dan tawon penyerbuk, dsb.

      Hapus
  22. setelah membaca blog ini, saya ingin bertanya kepada Bapak, apakah dengan adanya peningkatan jumlah penduduk menjadi salah satu faktor penunjang bagi petani dalam hal untuk melindungi tanamannya?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena jumlah penduduk meningkat maka kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan juga dengan sendirinya meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat tersebut berarti produksi harus tetap tinggi. Untuk menjaga agar produksi bisa tetap tinggi maka kehilangan hasil yang timbul karena kerusakan tanaman oleh OPT harus dikurangi.

      Hapus
  23. setelah saya membaca blog ini, saya dapat memahami bagaimana cara menghadapi berbagai organisme yang dapat merusak tanaman. Tetapi yang ingin saya tanyakan apakah upaya pemerintah dalam membantu para petani untuk membasmi hama pada tanaman?
    terimakasih

    BalasHapus
  24. setelah saya membaca blog ini,ada bebrapa hal yang membuat saya tidak mengerti yaitu selain binatang,jamur,bakteri,dan virus yang memperoleh status sebagai OPT adapun organisme tertentu yang bisa mengganggu atau merusak kehidupan tanaman dengan menjadi perantara penularan bagi organisme lain yang lebih merusak seperti wereng coklat.
    yang saya ingin tanyakan seperti apakah wereng coklat dan bagaimana cara mengatasi wereng coklat tersebut?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti apa wereng coklat akan dibahas pada tulisan berikutnya. Bila penasaran, silahkan lakukan pencarian dengan Google dengan mengetikkan wereng coklat atau brown planthopper.

      Hapus
  25. dari materi diatas saya ingin bertanya,apa tindakan pemerintah setempat kepada masyarakat petani mengenai turunnya hasil produksi usaha petani akibat serangan hama penakit.

    BalasHapus
  26. perlindungan tanaman perlu di lakukan untuk memperoleh hasil produksi yang maksimal. tetapi yang menjadi permasalahan di sini adalah, OPT yang di kendalikan ini juga memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. dengan demikian, materi yang di paparkan ini sangat bermanfaat dalam hal bagaimana caranya mengatasi OPT tersebut bukan dengan cara memberantas, melainkan mengendalikan OPT tersebut. sehingga OPT tersebut tidak punah.
    yang menjadi pertanyaan saya adalah, bagaimana mengendalikan OPT tersebut, apabila OPT tersebut merupakan manusia sendiri ? apakah pengendalian OPT perlu di berlakukan untuk manusia juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Organisme yang dapat berstatus sebagai OPT berkembang biak sangat cepat sehingga kemungkinan untuk punah sangat kecil. Pengendalian OPT dilakukan untuk kepentingan manusia karena OPT merusakkan tanaman. Bila yang menjadi OPT adalah manusia maka cara mengendalikannya adalah dengan menegur dan bila dengan menegur tidak diperhatikan maka dilaporkan saja kepada polisi sebagai pencuri.

      Hapus
  27. Setelah saya membaca blog bapak ini, saya menyimpulkan bahwa tanaman sangatlah penting bagi makhluk hidup. Tanpa tanaman makhluk hidup tidak akan bisa hidup. Kaerena itu kita sebagai manusia haruslah menjaga dan memperhatikan tumbuh kembangnya tanaman bukan malah menjadi organisme pengganggu atau perusak tanaman.
    Terimakasih

    BalasHapus
  28. seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan penduduk di duniapun semakin meningkat, sehingga kebutuhan manusia akan bahan pangan akan semakin meningkat pula. oleh karena itu kita perlu melindungi tanaman dari gangguan hama dan penyakit dan juga dari pencurian oleh manusia dan kerusakan oleh hewan, serangga,dll. namun ada berbagai masalah yang timbul dari berbagai faktor seperti seperti keterbatasan lahan,kesulitan memperoleh air irigasi, dan pengetahuan akan perlunya perlindungan tanaman sangat minim sekali.oleh karna itu perlu adanya campur tangan pemerintah dan masyarakat untuk pengendalian hama dan penyakit serta kerusakan secara terpadu.
    yang ingin saya tanyakan kepada bapak, peran pemerintah dalam perlindungan tamanan itu seperti apa? dan maksud dari intensifikasi pertanian sebagai bagian dari revolusi hijau apa?
    munkin hanya ini yang dapat sya tanyakan kepada bapak.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan pertama, baca jawaban terhadap Glen Aviandro. Untuk pertanyaan kedua, lakukan pencarian pada Google dengan mengetikkan intensifikasi pertanian dan sesudah membaca hasilnya, kembali melakukan pencarian dengan mengetikkan revolusi hijau. Terlalu panjang untuk saya jawab di sini.

      Hapus
  29. setelah saya membaca materinya.

    saya ingin bertanya apakah Sudan ada campur tangan prmerintah yang berkaitan dengan bagaimana cara melindungi tanaman dan mengendalikan organisme penganggu tanaman tanaman...

    terimakasih

    BalasHapus
  30. setelah saya membaca materinya.

    saya ingin bertanya apakah Sudan ada campur tangan prmerintah yang berkaitan dengan bagaimana cara melindungi tanaman dan mengendalikan organisme penganggu tanaman tanaman...

    terimakasih

    BalasHapus
  31. Selamat Siang,
    Setelah materi di atas saya baca, saya ingin bertanya tentang bagaimana cara pemerintah agar di tahun-tahun yang mendatang jumlah tanaman yang di konsumsi setara dengan jumlah penduduk, sebab jumlah penduduk akan lebih cepat meningkat dari pada jumlah tanaman yang di konsumsi .

    BalasHapus
  32. setelah saya membaca materinya..yang ingin saya tanyakan adalah.

    Mengapa OPT tidak disebut sebagai status obyektif melainkan subyektif

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  34. dalam tulisan bapak di atas pada alinea ketiga di paragraf kedua tentang produksi yang benar-benar dapat dicapai tetap saja lebih rendah daripada produksi yang seharusnya. yang menjadi pertanyaan saya adalah mengapa produksi yang ingin dicapai tetap lebih rendah daripada produksi yang seharusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo ... kalau tanaman dirusak oleh OPT maka kemampuan produksinya berkurang sehingga produksinya menjadi lebih rendah. Atau mungkin mahasiswa lainnya bisa membantu menjawab?

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Menurut yang saya baca ditulisan bapak saya mengkutip bahwa Manusia memerlukan tanaman untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, tetapi pada tempat dan waktu yang bersamaan berbagai jenis organisme lain juga memerlukan tanaman untuk tujuan yang sama. Hal ini menyebabkan manusia menjadi merasa dirugikan dan oleh karena itu perlu melakukan berbagai upaya agar tanamannya tidak diganggu, dirusak, atau bahkan dimatikan oleh organisme lain. Akan tetapi permasalahan perlindungan tanaman timbul bukan sekedar karena gangguan, kerusakan, atau kematian tanaman yang disebabkan oleh organisme lain tersebut merugikan manusia, tetapi juga karena gangguan, kerusakan, dan kematian tanaman oleh organisme lain tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor dan untuk melakukan upaya yang diperlukan untuk melindungi tanaman menghadapi berbagai kendala. Tanaman, sebagaimana juga organisme lain yang mengganggu kehidupan, merusak, dan/atau menyebabkan kematiannya, dan juga manusia sendiri, merupakan bagian dari ekosistem (ecosystem) yang saling berkaitan dengan berbagai jenis organisme lain melalui jejaring makanan (food web).

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. Arti dari perlindungan tanaman timbul bukan sekedar karena gangguan,kerusakan atau kematian tanaman yang disebabkan oleh organisme lain tetapi di pengaruhi oleh berbagai faktor.
    Tanaman,sebagaimana juga organisme lain yang mengganggu kehidupan,merusak dan/atau menyebabkan kematiannya. dan juga manusia sendiri merupakan bagian dari ekosistem (ecosystem) yang saling berkaitan dengan berbagai jenis organisme lain melalui jaringan makanan (food web). Upaya perlindungan tanaman di tujukan terhadap jenis-jenis organisme yang merusak,mengganggu kehidupan,dan/atau mematikan tanaman pada akhirnya bukan hanya berdampak pada organisme tersebut tetapi pada organisme lain juga.
    Berbagai upaya yang telah di lakukan untuk melindungi tanaman dari gangguan,kerusakan,maupun kematian yang disebabkan oleh organisme lain yang terdiri dari golongan binatang,jamur dan bakteri,virus dan tumbuhan lain.meskipun demikian produksi yang di capai tetap saja lebih rendah dari pada produksi yang seharusnya.
    yang ingin saya tanyakan kepada bapak yaitu faktor apa saja yang menyebabkan perlindungan tanaman tidak optimal?
    terima kasih

    BalasHapus
  39. dari materi yang saya baca dapat saya simpulkan bahwa, manusia sangat memerlukan tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. tetapi pada umumnya tanaman ini juga sangat di buthkan oleh organisme lain. akan tetapi manusia merasa dirugikan sehingga manusia mengupayakan agar tanaman tidak di ganggu oleh organisme lain. dari upaya perlindungan tanaman yang tujukan terhadap jenis-jenis organisme yang merusak atau mengganggu atau merusak tanaman. tetapi pada umumnya justru organisme yang lain bermanfaat bagi manusia.

    BalasHapus
  40. Terima kasih kepada mahasiswa yang telah menyampaikan komentar atau pertanyaan. Ajukan pertanyaan sesuai dengan topik tulisan. Ketik seluruh komentar dan pertanyaan dalam satu alinea dengan cara jangan menekan tombol Enter. Akhiri kalimat berita dengan tanda titik dan kalimat tanya dengan tanda tanya untuk menghargai guru Bahasa Indonesia Anda ketika di SD, SMP, dan SMA/SMK. Kasihan guru Bahasa Indonesia Anda harus menanggung malu karena ternyata sesudah menjadi mahasiswa pun Anda tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  41. Setelah saya membaca blog bapak di atas saya menyimpulkan bahwa, tanaman merupakan kebutuhan pokok dari semua makhluk hidup. Karena demikian sampai saat ini tanaman merupakan masalah yang sangat sulit untuk diatasi. Harapan dari saya agar sebaiknya pemerintah cepat menyelesaikan atau mengatasi masalah peelindungan tanaman.

    BalasHapus
  42. Setelah saya membaca materi bapak, saya mau bertanya bagaimanakah caranya agar OPT seperti ternak liar dapat diatasi? Terimakasih bapak & mohon maaf jika ada kesalahan.

    BalasHapus
  43. Masalah yang dihadapi oleh bidang perlindungan tanaman di Indonesia sangat rumit dan dinamis, tidak dapat dilepaskan dari berbagai masalah yang dihadapi oleh sostem yang lebih besar, yaitu sistem pembangunan pertanian dan pembangunan nasional pada umumnya. Berbagai faktor strategis yang mempengaruhi sistem perlindungan tanaman selalu berubah dan berkembang. Faktor-faktor tersebut dapat berada dalam sistem maupun di luaar sistem perlindungan tanaman. Permasalahan yang tidak dihadapai tidak dapat dibatasi oleh batas administrasi dan negara. Apa yang terjadi di dalam negeri tidak dapat dilepaskan dari perkembangan yang terjadi ditingkaat internasional. Masalah perlindungan tanaman tidak dapat dilihat dan diselesaikan hanya dari aspek ilmu dan teknologi, apalagi hanya dari ilmu-ilmu pendukung perlindungan tanaman, tetapi harus dilihat secara mengeluruh atau secara komprehensif. Cara penyelesaian masalah perlindungan tanaman harus dilakukan secara hilistik melibatkan semua pihak terkait, lintas sektor, dan harus terpadu. Pengalaman dari sejaran perlindungan tanaman di Indonesia menunjukkan betapa rumit dan dinamisnya permasalahan perlindungan tanaman yang kita hadapi.
    Secara internal akan dievaluasi berbagai kekuatan dan kelemahan yang kita miliki dan hadapi selama ini. Secara eksternal akan dibahas berbagai peluang yang terbuka dan ancaman yang sedang dihadapi oleh bidang perlindungan tanaman.

    BalasHapus
  44. apa ada cara lain untuk mengendalikan OPT selain menggunakan pestisida??? sekian pertanyaan dari sya bapak.

    BalasHapus
  45. Setelah saya membaca materi ini, Ada yang saya ingin tanyakan seputar Eksplosi (explosion) atau juga ledakan (outbreak). Apabila petani melakukan Pembudidayaan satu jenis tanaman dalam areal yang luas secara monokultur dan terus menerus disertai dengan pemupukan dalam dosis tinggi serta penggunaan pestisida berlebihan yang mengakibatkan OPT resisten terhadap pestisida. Faktor tersebut malah menyababkan terjadinya eksplosi yang juga dikenal dengan ledakan. Pertanyaan saya apabila sudah terjadi eksplosi dengan kondisi OPT sudah resisten terhadap pestisida kira kira langkah apa yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi ledakan OPT ini? Terima Kasih

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Setelah saya membaca artikel ini dapat disimpulkan bahwa tanaman merupakan bagian dari ekosistem yang saling berkaitan dengan berbagai jenis organisme lain melalui jejaring makanan. Manusia memerlukan tanaman tetapi pada tempat dan waktu oleh karena itu perlu melakukan upaya agar tanaman tidak diganggu, di rusak atau bahkan dimatikan oleh organisme lain. Sekalipun tanpa gangguan kerusakan dan kematian tanaman yang disebabkan oleh organisme lain, kebutuhan bahan pangan tersebut sulit dapat dipenuhi karena adanya keterbatasan lahan,konversi lahan pertanian, kesulitan memperoleh air irigasi dan bahkan konversi bahan pangan menjadi bahan bakar hayati berbagai upaya sudah di lakukan meskipun demikian produksi yang benar benar dapat di capai tetap saja lebih rendah daripada produksi yang seharusnya organisme lain bersatu sebagai hama dalam arti luas atau sebagai OPT bukan karena bawaan atau karena kelahiran melainkan karena keadaan. Yang saya ingin tanyakan bahwa apa upaya untuk mencegah kerugian pada budidaya tanaman yang di akibatkan oleh organisme penganggu tumbuhan ?

    BalasHapus
  48. Dengan berjalannya waktu dari tahun ke tahun kebutuhan manusia akan bertambah 2kali lipat dari yang di tentukan.Perlindungan terhadap tumbuhan yang di tanam sudah dilakukan dari gangguan,kerusakan,yang akan menyebabkan produksi tanaman menurun.Adanya OPT masih belum ampuh dalam mengatasi masalah ini,yang ingin sya tanyakan: Apakah bisa dengan cara lain menangulangi masalah ini misalnya kita menanam tumbuhan atau tanaman lain yang tidak dpaat di rusak oleh hama atau organisme yang sma? Terima kasih.

    BalasHapus
  49. Budidya tanaman yang padat teknologi di negara-negara maju,bukan hanya dapat membuat kondisi di lingkungan menjadi lebih sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.Dengan adanya OPT bisa mencegah adanya kerusakan tanaman yang terjadi. Yang ingin sya tanyakan: apakah yang dilakukan pemerintah sudah membudidyakan tanaman yang akan teracam punah karena kerusakan yang terjadi?

    BalasHapus
  50. Budidya tanaman yang padat teknologi di negara-negara maju,bukan hanya dapat membuat kondisi di lingkungan menjadi lebih sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.Dengan adanya OPT bisa mencegah adanya kerusakan tanaman yang terjadi. Yang ingin sya tanyakan: apakah yang dilakukan pemerintah sudah membudidyakan tanaman yang akan teracam punah karena kerusakan yang terjadi?

    BalasHapus
  51. Yang saya baca materi di atas
    Bahas pengendalian dengan pestisida saja
    Apakah tidak ada pengendalian lain selain pengendalian dengan pestisida???

    BalasHapus
  52. Perlindungan tanaman dapat dilaksanakan melalui kegiatan berupa a)pencegahan masuk atau keluar, b)pengendalian OPT, c)eradikasi OPT. saya ingin mengaitkan sedikit tentang plasma nutfah dengan kegiatan perlindungan tanaman. karena plasma nutfah merupakan koleksi sumberdaya genetik yang berupa keanekaragaman tumbuhan, dan plasma nutfah juga merupakan sumber gen yang berguna bagi perbaikan tanaman seperti gen untuk ketahanan terhadap penyakit, serangga, dan gulma. selain itu plasma nutfah juga merupakan sumber gen yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas hasil tanaman seperti kandungan nutrisi yang lebih baik. yang ingin saya tanyakan apakah plasma nutfah juga merupakan salah satu kegiatan perlindungan tanaman pada bagian pengendalian OPT? Terimakasih.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Dari paparan materi di atas,Saya mengambil kesimpulan bahwa,penyebab kerusakan tanaman,di sebabkan oleh OPT dan kelalaian petani dalam mengatasi kerusakan tanaman oleh OPT dan juga ketidakefektivan dalam mengunakan persediaan yang di siapkan oleh pemerintah.
    Yang ingin saya tanyakan; Apakah dampak kerusakan tanaman oleh OPT,Berdampak pada tanaman yang kita budidayakan,ataukah berdampak pula pada alam dan lingkungan sebagai syarat tumbuh suatu tanaman?.
    Terimakasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya OPT bukan hanya mengganggu tanaman yang di budidayakan saja tapi juga bisa mengganggu tumbuhan di lingkungan sekitar .Terimah kasih

      Hapus
    2. dari paparan materi di atas, yang saya ingin tanyakan ialah apakah dalam suatu lahan yang di tanamai tanaman. apakah permasalah OPT dapat di tanggani dengan penekan gulma saja atau ada cara lain?
      Terimah Kasih

      Hapus
    3. dari paparan materi di atas, yang saya ingin tanyakan ialah apakah dalam suatu lahan yang di tanamai tanaman. apakah permasalah OPT dapat di tanggani dengan penekan gulma saja atau ada cara lain?
      Terimah Kasih

      Hapus
  55. Seperti yang di ketahui bahwa kebutuhan manusia akan hasil tanaman akan terus meningkat seiring dengan terus semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia.
    Penduduk yang terus meningkat, di sertai dengan perubahan pola konsumsi penduduk negara-negara maju ke arah bahan pangan yang lebih berkualitas dan kebutuhan biji-bijian sebagai bahan pakan untuk memenuhi kebutuhan pangan berkualitas tersebut, akan menyebabkan kebutuhan bahan pangan terus meningkat lebih dari dua kali dari yang di butuhkan saat ini. Sekalipun tanpa gangguan, kerusakan, dan kematian tanaman yang di sebabkan oleh organisme lain, kebutuhan bahan pangan tersebut sulit dapat di penuhi karena berbagai faktor, di antaranya keterbatasan lahan, konversi lahan pertanian, kesulitan memperoleh air irigasi, dan sebagainya. Sehingga upaya untuk mencukupi kebutuhan pangan akan semakin sulit, karena kebutuhan akan hasil pangan tersebut yang terus meningkat. Yang ingin saya tanyakan adalah solusi atau cara apa yang di gunakan agar dapat mengatasi kesulitan tersebut terkait dengan faktor yang ada? Terimakasih.

    BalasHapus
  56. APAKAH TIDAK ADA PENGANDALIAN LAIN UANTUK MEMBASMI OPT

    BalasHapus
  57. dijelaskan bahwa,sedangkan dengan perlindungan tanaman kehilangan hasil tertinggi di sebabkan oleh virus jadi pertanyaannya adalah apakah tidak cara atau obat yang bisa di gunakan untuk mengatasi atau mengurangi tingkat kehilangan hasil

    pada saat tanaman tidak tersedia, gulma menjadi tempat bertahan organisme pengganggu tertentu.sehingga pada musim tanam berikut,organisme pengganggu yang bertahan menjadi sumber penular terhadap tanaman yang di budidayakan, yang ingin saya tanyakan disini adalah cara atau teknik yang harus digunakan agar bisa memutuskan siklus hidup dari organisme pengganggu secara tepat

    BalasHapus
  58. Kepentingan manusia terhadap jenis tanaman yang dirusak oleh jenis organisme yang bersangkutan, kepentingan manusia terhadap setiap jenis tanaman juga tidak sama sehingga kerusakan yang terjadi pada satu jenis tanaman dan pada jenis tanaman lain, meskipun keparahannya sama, tidak akan bernilai sama.oganisme apa saja yang menyerang tanaman tersebut.

    BalasHapus
  59. Tumbuhan merupakan sumber pangan bagi manusia.seiring berjalannya dengan perkembangan zaman yang semakin gari semakin maju dan jumlah penduduknyapun semakin hari semakin bertambah maka kebutuhan akan pangan pun semakin meningkat.Oleh karena itu,kita harus melakukan perlindungan tanaman,agar mendapatkan kualitas dan kuantitas tanaman yang baik.Ada banyak serkali faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman seperti hama,penyakit,dan gulma. maka dari itu kita membutuhkan pestisida untuk membasmi hama,penyakit,dan gulma tersebut.selain 3 faktor tersebut ada juga masalah lainnya yaitu seperti minimnya pengetahuan tentang perlindungan tanaman,ketersediian lahan yang terbatas,dan kesulitan air irigasi,oleh sebab itu sangat d butuhkan peran yang fokus dari pemerintah agar kesediin pangan tetap terjaga.

    BalasHapus
  60. Berbagai upaya telah dilakukan untuk melindungi tanaman dari gangguan,kerusakan,maupun dari kematian yang disebabkan oleh organisme lain yang terdiri atas gulma,patogen,dan golongan binatang.Kehilangan hasil besar yang disebabkan oleh organisme dapat terjadi karena berbagai faktor sehingga menurunkan hasil produksi tanaman.Adaikah upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah turunnya hasil produksi tanaman?

    BalasHapus
  61. faktor faktor yang bisa menanggulangi opt

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. menjadi perantara penularan organisme lain,yang lebih merusak.organisme tertentu merusak atau mengganggu kehidupan tanaman dengan menjadi perantara penularan bagi organisme lain yang lebih merusak,contohnya wereng cokelat,menyebabkan kerusakan langsung yang kurang berarti dibandingkan dengan kerusakan yang disebabkan oleh virus penyebab penyakit tungro yang ditularkan.
    pertanyaannya adalah:Bagaimana cara mencegah Virus penyebab penyakit tungro.

    BalasHapus
  64. kebutuhan manusia akan hasil tanaman akan semakin meningkat seiring dengan terus meningkatnya jumlah penduduk dunia.Perlindungan tanaman mungkin berawal dari adanya organisme pengganggu tumbuhan dan semakin banyaknya jumlah tanaman yang di butuhkan sehingga dibutuhkan upaya untuk mengatasi permasalahan perlindungan tanaman,supaya bisa mengatasi kebutuhan yang di perlukan dan mendapatkan hasil yang banyak.Terima kasih.

    BalasHapus
  65. seperti yang saya telah baca diatas tadi, ada suatu teori yang mengatakan bahwa ada organisme yang menguntungkan dan ada organisme yang merugikan. yang saya mau tanyakan disini bagaimana kita membedakan antara organisme yang menguntungkan dan yang merugikan serta apakah penggunaan pestisida hanya untuk mematikan organisme yang merugikan saja atau tidak?

    BalasHapus
  66. seperti apakah ciri-ciri pangan yang berkualitas sementara begitu banyak organisme yang mengganggu tanaman sejak tanaman itu mulai tumbuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri-ciri bahan makanan yang baik
      Makanan nabati (berasal dari tumbuhan)
      a. Buah-buahan
      1). Keadaan fisiknya baik, isinya penuh, kulit utuh , tidak rusak atau kotor.
      2). Isi masih terbungkus kulit dengan baik.
      3). Warna sesuai dengan bawaannya, tidak ada warna tambahan, warna buatan (karbitan) dan warna lain selain warna buah.
      4). Tidak berbau busuk, bau asam/basi atau bau yang tidak segar lainnya.
      5). Tidak ada cairan lain selain getah aslinya.
      6). Terdapat lapisan pelindung alam.
      7). Bebas residu pestisida

      b. Sayuran
      1). Daun, buah atau umbi dalam keadaan segar, utuh dan tidak layu.
      2). Kulit buah atau umbi utuh dan tidak rusak/pecah.
      3). Tidak ada bekas gigitan hewan, serangga atau manusia.
      4). Tidak ada bagian tubuh buah yang ternoda atau berubah warnanya.
      5). Bebas dari tanah atau kotoran lainnya.
      6). Bebas residu pestisida


      c. Biji-bijian
      1). Kering, isi penuh ( tidak keriput dan warna mengkilap).
      2). Permukaannya baik, tidak ada noda karena rusak, jamur atau kotoran selain warna aslinya.
      3). Biji tidak berlubang-lubang.
      4). Tidak tercium bau lain selain bau khas biji yang bersangkutan.
      5). Tidak tumbuh kecambah, tunas kecuali dikehendaki untuk itu (touge).
      6). Biji yang masih baik akan tenggelam bila dimasukkan ke dalam air.
      7). Tidak tercemar oleh bahan kimia yang dilarang baik dalam proses maupun buat diedarkan

      Hapus
    2. Saya ingin menambahkan sedikit dari pernyataan sodarah steven di atas, sebenarnya untuk mendapatkan pangan yang baik, bergantung pada bagaimana cara kita mengelolah tanaman yang kita budidayakan. salah satunya dalam hal mengatasi organisme pengganggu tanaman
      Thanks

      Hapus
  67. Pada saat manakah yang paling tepat untuk mengendalikan OPT sehigga memperoleh hasil yang maksimal?

    BalasHapus
  68. sejauh manakah pertahanan tanaman yang memiliki sistem ketahanan tinggi terhadap opt bakteri jika yang mengganggu merupakan opt bakteri yang berdaya rusak tinggi?

    BalasHapus
  69. Uraian di atas mencakup hanya tanaman pangan, belum kelompok tanaman lain seperti tanaman hortikultura dan tanaman perkebunan yang diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia lainnya di luar kebutuhan pangan. Kehilangan hasil pada berbagai kelompk tanaman lain tersebut juga tidak jauh berbeda, bahkan mungkin lebih besar. Kehilangan hasil besar yang disebabkan oleh organisme yang merusak, mengganggu kehidupan, dan atau mematikan tanaman dapat terjadi karena berbagai faktor yang berkaitan dengan budidaya tanaman sendiri, dengan organisme perusak, pengganggu kehidupan, dan atau penyebab kematian tanaman, maupun dengan upaya perlindungan tanaman yang perlu dilakukan. Budidaya tanaman sendiri masih dilakukan secara ekstensif dan manual di negara-negara sedang berkembang sampai secara sangat intensif dan mekanis di negara-negara maju.

    BalasHapus
  70. Dari materi di atas, apa saja intensifikasih pertanian yang di publikasikan dalam masyarakat?

    BalasHapus
  71. Trimaksih untuk materi yang sudah bapak berikan. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya dalam menambah wawasan saya tentang permasalahan dan pengertian perlindungan tanaman. Pada materi diatas dijelaskan bahwa berbagai jenis binatang, jamur, bakteri dan virus dapat memperoleh status sebagai OPT melalui berbagai cara yang menyebabkan kehilangan hasil, salah satunya dapat menjadi tempat bertahan dan sumber penularan. Yang ingin saya tanyakan apakah ada cara yang lebih efisien dalam mengurangi dan mengendalikan hama tersebut ? karena menurut saya jika hama tersebut terus bertahan dan dapat menjadi tempat penularan maka kita kan terus mengalami kekurangan hasil akibat hama tersebut. Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  72. terimakasih pak atas artikelnya. setelah saya membaca uraian tentang permasalahan perlindungan tanaman di atas. saya mau bertanya, apakah permasalahan perlindungan tanaman ini bisa diatasi misalnya dengan memanfaatkan rumah kaca sebagai tempat untuk budidaya tanaman?

    BalasHapus
  73. Dalam upaya untuk mencegah kerugian pada budidaya tanaman yang diakibatkan oleh organisme pengganggu tumbuhan,manusia sangatlah membutuhkan perlindungan tanaman untuk mencegaah masuknya opt pada tanaman,agar tanaman yang ada terbebas dari hama penyakit.karena manusia sangat membutuhkan tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya begitu pun organisme.

    BalasHapus
  74. setelah membaca paparan diatas apakah ada faktor-faktor lain yang menyerang gulma selain dari faktor-faktor yang tertera diatas ?misalnya unsur-unsur yang ada pada tanah yang dapat menyebabkan penghambat pertumbuhan tanaman.banyak hama penyakit yang menyerang tanaman gulma seperti terjadi kerusakan pada batang,daun,serta menimbulkan serbu putih yang terdapat pada tanaman tersebut.terima kasih

    BalasHapus
  75. Manusia memerlukan tanamn untuk memnuhi berbagai kebutuhannya,tetapi pada tempat dan waktu yang sama organisme juga memerlukan tanaman untuk tujuan yang sama.akan tetapi,kehadiran organisme ini dapat menyebabkan kerugian sehingga perlu adanya perlintan yang ditujukan terhadap jenis2 organisme yn merusak tanaman tpi upaya tsb dapat berdampak pd organisme lain yn bermanfaat bagi tanaman.yang mau sy tanyakan adalah bagaimana cara petani untuk membedakan organisme sbagai pengganggu tanaman dan organisme yn bermanfaat bagi tanaman sehingga dalam upaya pengendaliannya tdk menimbulkan kerugian bagi petani??

    BalasHapus
  76. Dari materi di atas saya ingin bertanya faktor apa saja yang menjadikan perlintan di katakan sebagai organisme yang dapat merusak,mengganggu kehidupan,dan merusak tanaman?.Terima kasih

    BalasHapus
  77. mengapa pelaksanaan perlindungan tanaman menjadi tanggungjawab masyarakat dan pemerintah?terima kasih

    BalasHapus
  78. setelah saya membaca materi diatas saya mengetahui bahwa masalah kerusakan pada tanaman sebenarnya disebabkan oleh kelalaian dari petani juga, hanya saja ada organisne pengganggu tanaman yang tidak dimengerti oleh para petani. sangat baik jika pemerintah memberikan arahan yang bisa mempermudah para petani, tidak perlu harus dengan bahan - bahan kimia yang mempunyai efek samping.

    BalasHapus
  79. kira-kira selain OPT masalah lain yang ditimbulkan adalah manusia...apakah masalah-masalah yang ditimbulkan oleh manusia tersebut dalam pertumbuhan tanaman?

    BalasHapus
  80. Dari materi diatas dibahas bahwa perlindungan tanaman ini mengunakan pestisida untuk membunuh OPT atau organisme penggangu tanaman, yg ingin saya mau tanyakan apakah hanya mengunakan pestisida saja untuk membunuh OPT atau ada obat lain untuk membunuh OPT atau organisme penggangu tanaman ini, Terima kasih

    BalasHapus
  81. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Zara, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Zaradam@yahoo.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  82. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  83. Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya kehilangan sekitar Rp300.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. Christabel Missan World Investment Investment Company, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman Rp500.000.000.000.

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak penipu di dalam negeri, jadi jika Anda memerlukan pinjaman perdamaian dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman mendesak harus cepat, hubungi Christabel Missan melalui email christabelloancompany @ gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya email: aishanaylad@gmail.com.
    Nomor whatsApp saya +6283867549567
    juga facebook saya: aishanaylad@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi ibu Christabel yang baik
    nomor whatsApp +15614916019

     Dan Anda masih dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ibu yang baik, Lady Lianmey, email: lianmeylady@gmail.com

    Dan Lady Liliyana email: liliyanabasuki@gmail.com
    terima kasih allah itu luar biasa.

    BalasHapus
  84. Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya kehilangan sekitar Rp300.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. Christabel Missan World Investment Investment Company, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman Rp500.000.000.000.

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak penipu di dalam negeri, jadi jika Anda memerlukan pinjaman perdamaian dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman mendesak harus cepat, hubungi perusahaan investasi pinjaman Christabel Missan Email: christabelloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya email: aishanaylad@gmail.com.
    Nomor whatsApp saya +6283867549567
    juga facebook saya: aishanaylad@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi ibu Christabel yang baik
    nomor whatsApp +15614916019

     Dan Anda masih dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ibu yang baik, Lady Lianmey, email: lianmeylady@gmail.com

    Dan Lady Liliyana email: liliyanabasuki@gmail.com
    terima kasih allah itu luar biasa.

    BalasHapus
  85. Nama saya Ny. Effie Kustiyo dari jl panji 22 rt 5/4, malang, Indonesia. Saya adalah kesaksian sejati RIKA ANDERSON LOAN COMPANY sebagai salah satu orang paling bahagia di Indonesia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang mengatakannya bahwa keluarga saya kembali dan bahagia selamanya karena saya mendapat hibah pinjaman sebesar Rp85.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ibu dengan 7 anak dan semuanya bergantung pada saya.

    ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa pendapatan sangat rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan semuanya menjadi lebih sulit karena mereka menipu uang saya dari saya dengan janji untuk membantu saya tetapi semua kebohongan.

    Saya bertemu dengan tiestimony di facebook dan di blog tentang Mother RIKA ANDERSON LOAN COMPANY beberapa kali dan saya bertanya-tanya apakah itu asli sehingga saya menghubungi beberapa penguji Mother Sabrinar Aditya di email sabrinaraditya59@gmail.com saya menghubungi Mother Maria Fadhlan di facebook dan email mariafadhlan@gmail.com dan saya juga menghubungi ibu Margaretha Asmaran di Facebook whatsapp dan email margarethaasmaran@gmail.com

    Saya akhirnya menghubungi CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di whatsapp dan saya merujuk ke email perusahaan

    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Office Whatsapp .: +19147057484

    mengirim pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di mana Juruselamat Tuhan dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp85.000.000 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan, melalui email di: Email: rikaandersonloancompany@gmail.com Office Whatsapp .: +19147057484 karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. Jika Anda membutuhkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, perusahaan Rika Anderson dapat membantu Anda.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email effiekustiyo@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama saya Novita Karina, dari Malayisa, Ini bagaimana mendapatkan pinjaman saya kemarin Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dian Pelangi karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan pinjaman kepada saya, saya perlu pinjaman selama 4 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di Malayisa tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki dan Nigeria yang telah menipu saya dan tidak menawari saya pinjaman. dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki dan Nigeria, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari dengan setia bahwa seorang teman saya yang bernama Dian Pelangi juga kenal sebagai nyonya lianmey setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Christabel Missan, jadi saya harus menghubungi Dian Pelangi dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Christabel Missan bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Christabel Missan dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman dari (900) juta ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah mukjizat dan saya harus bersaksi tentang karya baik Bunda Christabel Missan

      Saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ms. Christabel Missan email: (christabelloancompany@gmail.com) dan saya jamin
      Anda juga dapat menghubungi kontak nomor whatsapp ibu +1(561)491-6019
      Untuk pertanyaan, silakan ChristabelCare - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami +19177461022
      Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com.

      Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Novita Karina email saya: (novitakarinafg@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan saya kepada Ms. Christabel Missan melalui email
       lianmeylady@gmail.com
      semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Christabel Missan untuk mengubah kehidupan finansial saya

      Hapus
  86. Nama saya Susi dari Indonesia, saya sudah lama mencari pinjaman asli dan yang saya dapatkan hanyalah penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dan pada akhirnya, mereka mengambil uang saya tanpa memberi saya pinjaman, semua harapan saya adalah hilang, saya menjadi bingung dan frustrasi, maka saya merasa sangat sulit untuk memberi makan keluarga saya, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan pinjaman online lagi, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari seorang teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu pemberi pinjaman yang jujur ​​bernama Ny. Alicia Radu bahwa dia bisa membantu saya, bahwa dia baru saja mendapat pinjaman dari Ny. Alicia Radu, dia mengarahkan saya tentang cara melamar, saya lakukan seperti yang dia katakan, saya diterapkan, saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan yang paling mengejutkan saya mendapat pinjaman 300 juta rupiah, saya tidak percaya saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan. Saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada ALLAH, karena saya tidak percaya pemberi pinjaman jujur ​​seperti ini masih ada

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (susi85746@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  87. Nama saya Novita Karina, dari Malayisa, Ini bagaimana mendapatkan pinjaman saya kemarin Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dian Pelangi karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan pinjaman kepada saya, saya perlu pinjaman selama 4 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di Malayisa tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki dan Nigeria yang telah menipu saya dan tidak menawari saya pinjaman. dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki dan Nigeria, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari dengan setia bahwa seorang teman saya yang bernama Dian Pelangi juga kenal sebagai nyonya lianmey setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Christabel Missan, jadi saya harus menghubungi Dian Pelangi dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Christabel Missan bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Christabel Missan dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman dari (900) juta ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah mukjizat dan saya harus bersaksi tentang karya baik Bunda Christabel Missan

    Saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ms. Christabel Missan email: (christabelloancompany@gmail.com) dan saya jamin
    Anda juga dapat menghubungi kontak nomor whatsapp ibu +1(561)491-6019
    Untuk pertanyaan, silakan ChristabelCare - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami +19177461022
    Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com.

    Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Novita Karina email saya: (novitakarinafg@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan saya kepada Ms. Christabel Missan melalui email
     lianmeylady@gmail.com
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Christabel Missan untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  88. PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR Berlaku sekarang.


    Pencari Pinjaman yang Terhormat,


    Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.


    Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.


    kami memberikan yang berikut;

    *Perbaikan rumah

    * Pinjaman Inventor

    * Kredit Mobil

    * Pinjaman Konsolidasi Utang

    * Jalur Kredit

    * Pinjaman Kedua

    * Pinjaman Bisnis

    *Pinjaman pribadi

    * Pinjaman Internasional.


    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


    Semoga berhasil,

    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    BalasHapus
  89. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  90. KESAKSIAN!! KESAKSIAN!! JANGAN LUPA


    Halo teman-teman terkasih, Nama saya Karen Knowles dari Alabama, AS. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman hukum. Saya rusak karena saya masuk ke bisnis yang salah yang membuat saya kehilangan semua uang saya tetapi ketika saya mencari melalui internet saya melihat-lihat REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberikan pinjaman bahkan tanpa jaminan atau cek kredit dan tanpa biaya tersembunyi. Saya melihat komentar semua orang di blog yang mengonfirmasi bahwa REBACCA ALMA LOAN COMPANY adalah perusahaan pinjaman asli. Jadi saya percaya bahwa saya telah bertemu dengan perusahaan pinjaman yang tepat meskipun pada awalnya saya agak takut karena saya telah melakukan kontak dengan pemberi pinjaman dan telah benar-benar palsu di masa lalu yang mengaku memberikan pinjaman tetapi pada kenyataannya mereka tidak. Jadi saya mengajukan pinjaman ke perusahaan ini dan saya sangat terkejut $ 150.000 (Seratus lima puluh ribu dolar) menyetujui pinjaman yang saya gunakan untuk kembali ke bisnis. Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus membagikan kabar baik ini kepada dunia sehingga seseorang di luar sana yang mungkin mencari tempat untuk mendapatkan pinjaman asli di internet dapat menemukan tempat untuk mendapatkan pinjaman yang sah. Teman-teman yang terkasih, saya akan sangat menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan ini untuk menghubungi mereka melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) Jangan takut pada mereka. Mereka adalah perusahaan pinjaman asli. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti prosedur sederhana dan menyelesaikan transaksi dengan mereka dan Anda akan terkejut menerima pinjaman dari mereka seperti saya terkejut ketika saya memiliki saya. Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik di Whatsapp +14052595662.


    Anda juga dapat menghubungi saya Untuk informasi dan konfirmasi lebih lanjut melalui alamat email saya karenknowles699@gmail.com.

    Silakan bagikan informasi ini sehingga orang lain dapat memperoleh manfaat dari layanan pinjaman awal ini.

    BalasHapus
  91. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  92. Nama saya Lady Loveth, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati / waspada, karena ada banyak penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana di dunia, mereka akan mengirimkan surat dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka dan mereka akan bersumpah bahwa mereka tahu pembayaran, tetapi mereka adalah penipu, karena mereka akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh sepuluh perusahaan pinjaman online yang berbeda. Saya hampir kehilangan harapan sampai Allah menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Christabel Missan Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.850.000.000 (850 juta) dalam waktu kurang dari 4 jam dan suku bunga hanya 1%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak, silakan hubungi dia melalui email asli: Christabelloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: gemijayachandra@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi teman baik saya yang memperkenalkan saya email vai: lianmeylady@gmail.com
    email: liliyanabasuki@gmail.com
    email: permatabudiwati@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu Christabel +15614916019
    +19177461022

    BalasHapus
  93. Nama saya Lady Loveth, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati / waspada, karena ada banyak penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana di dunia, mereka akan mengirimkan surat dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka dan mereka akan bersumpah bahwa mereka tahu pembayaran, tetapi mereka adalah penipu, karena mereka akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh sepuluh perusahaan pinjaman online yang berbeda. Saya hampir kehilangan harapan sampai Allah menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Christabel Missan Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.850.000.000 (850 juta) dalam waktu kurang dari 4 jam dan suku bunga hanya 1%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak, silakan hubungi dia melalui email asli: Christabelloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: gemijayachandra@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi teman baik saya yang memperkenalkan saya email vai: lianmeylady@gmail.com
    email: liliyanabasuki@gmail.com
    email: permatabudiwati@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu Christabel +15614916019
    +19177461022

    BalasHapus
  94. Bila hama dalam arti luas atau merupakan konsep subjektif apakah berarti tidak ada organisme yang benar benar berstatus sebagai hama atau opt secara universal?

    BalasHapus
  95. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  96. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya satu untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya yakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  97. BERITA BAIK BERITA BAIK BERITA BAIK

    PELUANG PINJAMAN !!!
    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda memerlukan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Apakah bank Anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak perlu jaminan. Saya seorang investor swasta yang berspesialisasi dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, pinjaman real estat, kombinasi pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial, dll. Rasa sakitnya adalah milik Anda, saya akan memenuhi keinginan Anda janji
    Tidak ada permainan, tidak ada bisnis. Jumlah Pinjaman: Minimum $ 1.000 hingga jumlah pinjaman maksimum $ 10.000.000 Suku bunga pinjaman: 2% Area pinjaman: seluruh dunia Durasi maksimum: hingga 20 tahun.
    Jika Anda tertarik, lengkapi formulir permohonan pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam:
    Nama lengkap: __________
    Negara: ____________
    Seks: ________________
    Umur: ________________
    Jumlah pinjaman: _____
    waktu durasi: _______
    Tujuan Pinjaman: _______
    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui email perusahaan saya christaelloancompany@gmail.com
    customerservicechristabelloan@gmail.com
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Neville Street, Prairrieville, LA, Louisiana 70769, AS
    Facebook: christabel missan ibu
    Nomor Whatsapp +15614916019
    Nomor Layanan Pelanggan whatsApp +19177461022

    BalasHapus
  98. Halo nama saya Nadia Sella dari Indonesia Saya tinggal di desa, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Allah untuk hidup saya dan menggunakan saya untuk bertemu ibu saya yang setia Christabel Missan Perusahaan Investasi Pinjaman untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya, saya punya masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih kepada perusahaan induk yang loyal, Ms. CHRISTABEL LOAN INVESTMENT COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman 300 juta dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk pinjaman saya transfer tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis saya baik Terima kasih kepada ibu yang setia Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda memerlukan pinjaman cepat, saya akan merekomendasikan Anda kepada Miss Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya untuk memperkenalkan pinjaman jujur ​​sellanadiafg@gmail.com

    Silakan cari tahu apakah Anda ingin pinjaman Anda dan hubungi saya

    Anda masih dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya untuk mendapatkan email pinjaman keamanan: lianmeylady@gmail.com
    maryamlady12u@gmail.com
    cynthiadafaq@gmail.com
    novitakarinafg@gmail.com
    Pinjaman saya sebesar 300 juta berhasil ditransfer
    Perusahaan Pinjaman Christael Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Neville Street, Prairrieville, LA, Louisiana 70769, AS
    Facebook: christabel missan ibu
    Nomor Whatsapp +15614916019
    Nomor Layanan Pelanggan whatsApp +19177461022

    BalasHapus
  99. Nama saya Azmi, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman, mereka banyak scammer dan peminjam pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membantu saya dengan Bunda Alicia Radu setelah saya ditipu oleh 6 pinjaman pemberi pinjaman. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan ROBBI dari saya untuk mendapatkan pinjaman saya sebesar RM 10.000 dari ibu Alicia Radu dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2%.

    Saya sangat terkejut ketika memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirim dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    dan Anda masih dapat menghubungi ROBBI yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (robbi5868@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (azmi88455@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu,
    semoga ALLAH terus memberkati ibu Alicia Radu And is Family

    BalasHapus
  100. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  101. Nama saya Siti kebanyakan orang memanggil saya mama jeffeby karena anak saya sangat tampan juga orang mengenal saya sebagai wanita yang sangat pekerja keras,
    apakah Anda pernah menerima email atau melamar perusahaan peminjam dari email orang asing yang menjanjikan Anda jutaan dolar pinjaman? - Anda harus menginstalnya, karena itu paket kebohongan.

    Namun, beberapa orang menjawabnya, dan mereka segera mengetahui bahwa mereka harus membayar biaya untuk mendapatkan jutaan. Kemudian datang biaya kedua, dan biaya ketiga, dll. Tidak ada yang pernah menerima jumlah pinjaman jutaan, tetapi banyak yang kehilangan banyak uang, dan beberapa bahkan terbunuh.

    Ini disebut "Penipuan Uang Muka" telah menjadi industri di Nigeria, dan negara-negara seberang. Nama umum lainnya adalah "419 penempatan" setelah Bagian 419 dari KUHP Nigeria, bagian yang khusus memuat jenis kejahatan ini.

    Namun, kita bisa bersenang-senang, dan memilih untuk menggunakan mereka dengan sia-sia. Itu disebut scambaiting.

    Saya beberapa minggu yang lalu saya ditipu oleh perusahaan pinjaman online saya mentransfer banyak biaya ke Nigeria karena saya sedang mencari pinjaman dalam jumlah besar pinjaman di internal saya sangat tertipu dan ditipu untuk banyak perusahaan pinjaman

    Tapi saya sangat terkejut saya bertemu teman saya yang mengumpulkan pinjaman dari pada perusahaan kepercayaan juga tahu sebagai Bunda Christabel Missan tolong jika ada yang membutuhkan pinjaman tolong hubungi ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com
    dan Anda masih dapat menghubungi nomor whatsApp ibu +15614916019
    Anda juga dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke Christabel Missan aishanaylad@gmail.com

    Dengan informasi lebih lanjut, Anda masih dapat mengirim email ke sitialiciafc@gmail.com saya

    CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Neville Street, Prairrieville, LA, Louisiana 70769, AS
    Facebook: christabel missan ibu
    Nomor Whatsapp +15614916019

    BalasHapus
  102. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  103. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  104. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  105. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Negara: Indonesia
    Nama: Siti Aminah
    Alamat: Jakarta Barat
    Nomor WhatsApp: +62 859-4202-5695
    email saya: sitiaminah6749@gmail.com

    Sudah tiga tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang ibu Alicia Radu bagaimana dia membantu saya dan keluarga saya
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com)
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari Bunda Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    Nomor WhatsApp Saya: +62 859-4202-5695
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com)
    hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    BalasHapus
  106. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  107. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  108. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dunia, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka ada yang mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan peminjaman yang curang di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan peminjaman palsu.

    Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang memiliki hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan keadaan saya kemudian perkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

    Saya mendapatkan pinjaman Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya ajukan, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, lebih baik Anda menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

    Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  109. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  110. Nama saya Sarnia Redzuan, saya sempat mengira semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman CHRISTABEL yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia agar berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya, setelah itu saya ditipu oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu dengan kreditur terpercaya bernama perusahaan investasi pinjaman Christabel Missan. Perusahaan Christabel meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 250 Miliar RM (RM 250.000.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji akan membagikan kabar baik agar orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Christabelloancompany@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan. Anda juga dapat menghubungi ibu Christabel melalui nomor whatsApp +1561496019

    Anda juga dapat menghubungi saya: (Redzuansarniaz@gmail.com) jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut

    Saya berterima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya dengan jujur ​​meminjamkan perusahaan Lady Lianmey Dian Pelangi melalui email: lianmeylady@gmail.com

    BalasHapus
  111. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  112. Promo Spesial Bonus 100% !

    Daftar Judi CASINO Online Terpercaya di Indonesia Disitus Bolavita sekarang juga !

    Menyediakan Minimal Deposit & Withdraw yang relatif murah... Hanya Rp 50.000,- Menjamin keamanan dan kenyamanan anda bermain !

    Proses transaksi penarikan dana dan deposit tidak sampai 5 menit ! Mengutamakan kenyamanan dan keamanan para member !

    Menyediakan transaksi yang cukup lengkap, seperti Ovo, Gopay, Linkaja, Dana, Pulsa dan Semua Jenis rekening Yang ada di Indonesia.

    Selain Menyediakan Casino Live, Juga menyediakan permainan lainnya yang lengkap dan populer !
    Anda bisa langsung mengklaim Bonus 100% !

    Untuk Informasi selengkapnya, Jangan Sungkan Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

    » Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  113. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU LALU. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores Miguel Jazbel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance@gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / stres, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan mudah melalui Telepon / Teks: +1(415)630-7138 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Jazbel mengarahkan Anda Semoga Sukses
    Whatsapp +19292227023

    BalasHapus
  114. PROGRAM PINJAMAN MUDAH

    Pada masa ekonomi yang tidak menentu ini, banyak orang mendapati diri mereka menghadapi situasi di mana mereka boleh menggunakan bantuan kewangan. Sama ada untuk kecemasan, pembaikan rumah, menggabungkan hutang atau percutian keluarga - pinjaman peribadi dengan faedah rendah adalah kaedah yang selamat dan boleh dipercayai untuk memenuhi keperluan kewangan anda. Di Alta Finance LLC, kami pakar dalam program pembiayaan Pinjaman yang Boleh dipercayai dan cekap.

    Sila kunjungi laman web kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perkhidmatan kami www.altafinance.org

    Hubungi saya melalui e-mel peribadi saya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pinjaman kami
    E-mel: robertraymond@altafinance.org
    Whatsapp: +17026022533

    Terima kasih.

    BalasHapus
  115. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  116. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  117. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019 atau +13108626660

    BalasHapus
  118. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya]

    Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,
    Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100billion)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    BalasHapus
  119. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali ( mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus
  120. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk biaya kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)


    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah


      .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).
    `’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLRISINGFUND¨`».(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).(onebillionrisingfund@gmail.com) .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )...(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).

    Perusahaan  Alamat Email:::onebillionrisingfund@gmail.com
    Nama Perusahaan :: ONE BILLION RISING FUND
    Jumlah Pinjaman ::: Rp.480.000.000.00 IDRPerusahaan
    Perusahaan WHATSAPP: +1 267 526 5352
    Nama Saya ::::: EFENDI QUEEN LISA
    Email Saya::::efendiqueenlisa@gmail.com
    Negara :::: Indonesia
    Perusahaan Terpercaya

    TARIMA KASIH

    BalasHapus
  121. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  122. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.850juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus

Untuk mengomentari tayangan ini, silahkan tulis dan poskan di bawah ini ...

Daftar Istilah

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y,
Z, daftar istilah entomologi dari EartLife