Telusuri Blog

Memuat...

Selamat Datang

Terima kasih, Anda telah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat terutama untuk membantu mahasiswa mempelajari Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Bila Anda adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, Anda diharapkan untuk mendaftar guna memperoleh layanan yang berkaitan dengan berbagai kegiatan perkuliahan. Namun blog ini juga terbuka bagi siapa saja untuk berkunjung dan mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan pelindungan tanaman. Selamat menjelajah dan bergabung, mohon meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar. Blog ini telah kembali dari serangan malware yang mengalihkannya ke bloggerhelper. Sebaiknya gunakan Chrome dan pasang ekstensi AddBlock Plus, DoNotTrackMe, dan Bitdefender TrafficLight.

Daftar Istilah

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y,
Z, daftar istilah entomologi dari EartLife

Pemberitahuan

Sebagaimana telah diberitahukan pada saat kuliah, mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan 1 diminta untuk memberikan komentar terhadap tulisan mulai dari tulisan 'Permasalahan Perlindungan Tanaman: Apakah Memang Begitu Penting untuk Dipelajari'. Komentar berisi catatan singkat mengenai apa yang dapat dipahami dan apa yang masih perlu ditanyakan setelah membaca setiap tulisan. Komentar akan digunakan sebagai komponen nilai softskill dalam nilai akhir semester. Bahan ajar untuk mahasiswa Smt Genap 2013/2014 diberikan tanpa sandi, silahkan UNDUH sekarang.
JANGAN LUPA MENULIS KOMENTAR UNTUK MEMPEROLEH

NILAI SOFTSKILL (25% DARI NILAI AKHIR SEMESTER)

LAKUKAN SEKARANG JUGA

Klik untuk Mengunduh Bahan Ajar

JANGAN LUPA MENGUMPULKAN TUGAS SESUAI JADWAL

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN 28 MARET 2014

UJIAN DILAKUKAN ONLINE

Pemberitahuan Ujian dan Pengumpulan Tugas 2, Harap Diperhatikan dan Diikuti

Soal ujian tengah semester genap tahun 2013/2014 DAPAT DIUNDUH mulai pada Kamis, 27 Maret 2013 mulai pada pukul 12.00 WITA. Silahkan unduh dengan mengklik tautan (link) yang tersedia. Buka file soal ujian dan silahkan terlebih dahulu baca petunjuk pengerjaan soal ujian dengan teliti sebelum mengerjakan ujian. Setelah soal selesai dikerjakan, silahkan simpan file dalam format DOCX terlebih dahulu dengan nama file: ept_2013^2014^2_jawabanuts_namadepannamabelakang, namadepan = nama depan mahasiswa dan namabelakang = nama belakang mahasiswa peserta ujian, ditulis dalam hurufkecil bersambung (tanpa ruang kosong di antara kedua nama). Setelah file disimpan dalam format DOCX, silahkan simpan dengan nama yang sama dalam format PDF dengan mengklik Save As>>Save as type>>PDF. Bila mengerjakan jawaban di Warnet, silahkan tanyakan kepada petugas Warnet bagaimana cara menyimpan file dalam format PDF. Kirimkan file jawaban dalam format PDF sebagai lampiran (attachment) ke alamat email yang diberikan pada soal ujian dengan mengetikkan pada kotak pesan, "Terlampir saya kirimkan jawaban UTS Dasar-dasar Perlindungan Tanaman Semester Genap 2013/2014 atas nama -nama mahasiswa-", tanpa tanda petik dan ganti -nama mahasiswa- dengan nama mahasiswa yang mengirimkan file jawaban. JANGAN MENYALIN DAN MENEMPEL JAWABAN KE DALAM KOTAK PESAN EMAIL SEBAB TIDAK AKAN DIPERIKSA. Jawaban ujian harus sudah diterima dalam inbox email selambat-lambatnya pada 28 Maret 2014 pukul 24.00 WITA. Daftar file jawaban ujian yang masuk ke mailbox alamat email tersebut dapat diperiksa di SINI, sedangkan daftar file jawaban yang diunduh dari mailbox tersebut dapat diperiksa di SINI. Silahkan kunjungi halaman Smt Genap 2013^2014 untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Daftar file yang telah dimasukkan ke dalam kotak pemasukan file Tugas 2 dapat diperiksa di SINI. Masih banyak mahasiswa yang memasukkan file dengan nama file yang tidak sesuai dengan ketentuan, tetapi tidak perlu diperbaiki. Terima kasih kepada mahasiswa yang telah mengumpulkan file jawaban ujian dan file Tugas 2.

Silabus dan RKPS

Matakuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman menguraikan permasalahan hama, gulma, dan penyakit tanaman dan permasalahan perlindungan tanaman yang dihadapi saat ini. Penguraian permasalahan dimulai dengan pengenalan berbagai jenis hama, penyakit, dan gulma yang menjadi kendala produksi dan kemudian dilanjutkan dengan permasalahan pada tataran perundang-undangan dan kebijakan pemerintah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut selanjutnya diuraikan sistem pengendalian hama terpadu sebagai sistem perlindungan tanaman dan kemudian juga dipaparkan pendekatan ketahanan hayati yang kini dikembangkan di negara-negara maju. Tindakan perlindungan tanaman perlu direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi keberhasilannya melalui pengelolaan kegiatan/program perlindungan tanaman. Pada akhir perkuliahan dipaparkan tantangan yang dihadapi perlindungan tanaman ke depan. Dengan mempelajari matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami bahwa hama, penyakit, dan gulma merupakan permasalahan penting yang untuk mengatasinya perlu digunakan pendekatan yang berwawasan lingkungan guna dapat mewujudkan pertanian berkelanjutan.

Perkuliahan Dasar-dasar Perlindungan Tanaman dilakukan berdasarkan rencana yang telah disusun dalam RKPS. RKPS matakuliah disusun oleh J.A. Londingkene, SP, MP. Saya sudah menghubungi yang bersangkutan untuk memperoleh RKPS dimaksud, tetapi belum memperolehnya. Karena itu, dengan sangat menyesal, saya belum dapat menayangkan RKPS sebagaimana seharusnya. Saya mempersilahkan Anda menghubungi yang bersangkutan untuk memperoleh RKPS matakuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman.

Pemberitahuan

Kuliah Jumat, 28 Oktober 2014, tidak dapat dilakukan sampai selesai jam kuliah karena dosen mengikuti rapat dengan pimpinan universitas. Mahasiswa diminta mempelajari dua tulisan terakhir (kedua dari atas dan paling atas) dan memberikan satu komentar terhadap setiap tulisan mengenai: (1) apa yang dapat dipahami dan (2) menanyakan apa yang belum dipahami. Komentar tidak perlu berisi pernyataan mengenai sejauh mana tulisan bermanfaat atau dapat membantu dan juga tidak perlu berisi ucapan terima kasih. Batas waktu permintaan bahan ajar diperpanjang sampai 7 Maret 2013. Jangan luka memeriksa jadwal pengumpulan tugas.