Telusuri Blog

Selamat Datang

Terima kasih, Anda telah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat terutama untuk membantu mahasiswa mempelajari Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Bila Anda adalah mahasiswa semester ganjil tahun 2017/2018, silahkan mendaftar sebagai peserta kuliah dan memeriksa hasil mendaftar dengan mengklik tautan yang tersedia. Baca dengan seksama isi menu Smt. Ganjil 2017/2018 untuk mempersiapkan diri mengikuti kuliah. Bila Anda belum terbiasa menggunakan Internet, blog ini dibuat bukan untuk mempersulit Anda, melainkan untuk membantu Anda menjadi melek teknologi informasi, silahkan klik halaman Dukungan TI. Blog ini juga terbuka bagi siapa saja untuk berkunjung dan mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan pelindungan tanaman. Selamat menjelajah dan bergabung, mohon meluangkan waktu untuk membagikan melalui Google+, Facebook, Twitter atau lainnya dan menyampaikan komentar.

Navigasi Blog

Untuk memeriksa seluruh tulisan yang menjadi isi blog Dasar-dasar Perlindungan Tanaman, silahkan klik menu Daftar Isi. Bila Anda adalah peserta kuliah Semester Ganjil Tahun 2017/2018, Anda wajib membaca tulisan yang pada awal judulnya disertai angkai, mulai dari angka 1.1. dan seterusnya. Mahasiswa peserta kuliah Semester Genap Tahun 2017/2018 wajib menyampaikan komentar pada kotak komentar di bagian bawah tulisan. Komentar berisi uraian singkat mengenai apa yang Anda pahami dan/atau pertanyaan singkat mengenai yang belum dipahami. Halaman blog menyajikan hanya 5 tulisan termutakhir. Silahkan klik navigasi Posting Lama di bagian bawah tulisan blog untuk melihat tulisan lainnya.

Mendaftar sebagai Peserta Kuliah

Setiap mahasiswa peserta kuliah diwajibkan untuk mendaftar secara daring dengan mengisi formulir pendaftaran (klik untuk memulai). Silahkan lakukan login dengan menggunakan akun email sendiri sebelum mengisi formulir. Sesudah mengirimkan formulir pendaftaran, silahkan periksa hasil pendaftaran (klik untuk memeriksa). Pendaftaran ditutup pada Senin, 15 Maret 2018.

Rabu, 04 Juli 2018

Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 Mata Kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman

Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman dilaksanakan secara daring (online) pada Jumlat, 6 Juli 2018 mulai pada pukul 08.00 WITA. Mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Pelindungan yang telah mendaftar sebelumnya secara daring dipersilahkan mengikuti ujian pada tanggal dan jam tersebut. Bila ada mahasiswa yang karena alasan tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan tidak bisa mengikuti ujian pada tanggal dan jam yang telah ditentukan tersebut, silahkan menghubungi dosen penguji. Mahasiswa yang tidak mengikuti ujian tanpa memberikan alasan akan tidak memperoleh nilai UTS dari dosen penguji. SILAHKAN KLIK Baca Selengkapnya UNTUK MULAI MENYIAPKAN, MENGERJAKAN, DAN MENGIRIMKAN LEMBAR JAWABAN UJIAN ...

Menyiapkan Diri Mengikuti Ujian
Untuk mengerjakan ujian, usahakan mencari tempat dengan koneksi Internet yang memadai. Gunakan komputer dekstop atau notebook, bukan tablet apalagi ponsel, untuk mengerjakan ujian. Yang tidak mempunyai komputer, silahkan menggunakan warung Internet (warnet) yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Bila menggunakan komputer teman, silahkan lakukan logout dari login yang telah dilakukan teman Anda dan kemudian lakukan login dengan menggunakan akun email Anda.

Sebelum mulai mengerjakan ujian, silahkan salin dan tempel soal ujian ke dalam program aplikasi pengolah kata, lalu simpan dalam komputer masing-masing. Baca setiap soal dengan cermat dan pahami setiap pertanyaan yang berkaitan dengan setiap soal sebelum menjawab. Juga baca panduan untuk menjawab setiap pertanyaan sebagaimana diberikan di sebelah atas kotak jawaban setiap pertanyaan. Jangan lupa untuk mengklik setiap tautan yang diberikan dan pelajari informasi yang dirujuk melalui tautan yang diberikan. Pastikan bahwa sebelum mengikuti ujian Anda sudah mempunyai alamat email pribadi masing-masing. Anda tidak boleh menggunakan alamat email mahasiswa lain untuk mengikuti ujian.

Anda boleh membaca catatan, membaca bahan ajar, dan membaca buku teks dan artikel jurnal ilmiah, bila diperlukan, untuk menjawab pertanyaan ujian. Silahkan juga membaca semua tulisan pada blog Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Anda juga boleh boleh mendiskusikan pertanyaan. TETAPI Anda TIDAK BOLEH menyalin dan menempel jawaban dari tulisan blog atau dari tulisan apapun di Internet. Anda TIDAK BOLEH menyalin dan menempel jawaban dari mahasiswa lain. Anda HARUS menyusun kalimat sendiri untuk menjawab setiap pertanyaan. Jawaban Anda akan diperiksa dengan menggunakan program aplikasi khusus untuk mengetahui apakah Anda menyalin dan menempel jawaban dari blog, dari Internet, atau dari teman lain. Dan untuk Anda yang berani melakukan itu, akan diberikan nilai 0 untuk setiap jawaban yang terindikasi ditulis secara curang.

Pertanyaan Ujian
Pertanyaan ujian akan saya sajikan pada bagian ini pada saat ujian pada Jumat, 6 Juli 2018 mulai pukul 08.00 WITA. Ujian akan terdiri atas 10 pertanyaan wajib dan 2 pertanyaan bonus. Setiap pertanyaan bernilai maksimum 10 bila Anda menjawab dengan benar, kecuali pertanyaan bonus yang masing-masing bernilai maksimum 5 bila Anda menjawab dengan benar. Anda harus mengklik tautan yang diberikan pada setiap pertanyaan untuk menjawab pertanyaan.
  1. Misalkan ada tiga organisme OPT, sebut saja organisme A, B, dan C yang masing-masing mempunyai kemampuan merusak 0,1; 0,3; dan 0,7 kg/individu/hari pada tanaman yang sama. Bila padat populasi organisme A, B, dan C berturut-turut adalah 10.000, 7.000 dan 2.000 individu; tentukan disertai dengan perhitungan sederhana, di antara ketiga organisme OPT tersebut, organisme manakah yang perlu diprioritaskan untuk dikendalikan karena kerusakan yang ditimbulkannya.
  2. Dalam percakapan sehari-hari sering terdengar orang mengatakan "tanaman diserang penyakit". Setelah mempelajari mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman, jelaskan apakah istilah "tanaman diserang penyakit" tersebut merupakan istilah yang benar. Bila istilah tersebut salah, berikan saran untuk memperbaikinya.
  3. OPT terdiri atas kategori hama, patogen, dan gulma. Untuk memperoleh contoh OPT kategori hama, patogen, dan gulma tersebut, silahkan kunjungi: OPT1 (kutu loncat jeruk asia), OPT2 (penyakit darah pisang), OPT3 (kutu pucuk pisang), OPT4 (bercak daun cokelat ubi kayu), OPT5 (kutu putih ubi kayu), dan OPT6 (Acacia nilotica). Di antara keenam contoh OPT tersebut, sebutkan masing-masing satu contoh OPT kategori hama, patogen, dan gulma. 
  4. Periksa nama ilmiah contoh OPT kategori hama, patogen, dan gulma dari jawaban terhadap Pertanyaan 3 dengan memilih situs pemeriksaan yang tepat sesuai dengan golongan organisme yang bersangkutan: GBIF Data Portal (seluruh golongan organisme), ITIS (seluruh golongan organisme), Species Fungorum (organisme golongan jamur), LPSN (organisme golongan bakteria), ICTV (golongan virus), dan pada situs The Plant List (organisme golongan tumbuhan). Tuliskan nama ilmiah lengkap hasil pemeriksaan disertai dengan nama author dan tautan (link) hasil pemeriksaan.
  5. Selama mempelajari mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman, Anda tentu sudah membaca UU No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman dan PP No. 6 Tahun 1995 tentang Perlindungan Tanaman. Bila belum pernah membaca, silahkan unduh dan baca kedua peraturan perundang-undangan tersebut. Salah satu pasal dalam kedua peraturan perundang-undangan tersebut menyatakan bahwa pengendalian OPT dilakukan dengan menggunakan sistem pengendalian hama terpadu (PHT). Bila setelah melakukan pengamatan populasi hama dan musuh alami petani memutuskan tidak melakukan tindakan apa-apa, jelaskan apakah keputusan tersebut dapat dikatakan telah melaksanakan PHT
  6. Ketika seorang petani menyiapkan lahan untuk berladang, ia menebas belukar dan kemudian membakarnya. Jelaskan, membakar termasuk cara pengendalian yang mana menurut UU No. 12 Tahun 1992 dan PP No. 6 Tahun 1995 dan ditujukan terutama untuk mengendalikan OPT golongan apa. Jelaskan mengapa ditujukan terutama untuk OPT golongan tersebut.
  7. Lalat buah merupakan jenis OPT golongan hama yang sangat merusak. Salah satu cara untuk mengendalikan lalat buah adalah dengan membuat perangkap sederhana menggunakan botol air minum (klik untuk menonton videonya) yang kemudian dipasang setelah diberi umpan senyawa kimia metil eugenol. Kemudian silahkan baca tulisan mengenai pengendalian OPT golongan hama secara kimiawi. Cobalah buat sendiri perangkap lalat buah dan pasanglah di halaman rumah masing-masing. Setelah menonton video dan membaca tulisan, jelaskan apakah benar bahwa semua cara pengendalian OPT secara kimiawi berbahaya bagi kesehatan manusia dan merusak lingkungan.
  8. OPT yang kini sedang mengancam tanaman pisang di NTT adalah OPT golongan bakteri penyebab penyakit darah. Selama ini nama bakteri penyebab penyakit darah belum diketahui, tetapi penelitian mutakhir menemukan bahwa bakteri penyebab penyakit darah tersebut ternyata berkerabat dekat dengan bakteri penyebab penyakit moko atau bugtok pada tanaman pisang di Filipina. Silahkan klik tautan untuk membaca hasil penelitian mutakhir tersebut dan kemudian sebutkan nama ilmiah bakteri penyebab penyakit darah dan bakteri penyebab penyakit moko atau bugtok.
  9. Pelaksanaan kegiatan perlindungan tanaman perlu direncanakan sejak awal seorang petani melaksanakan kegiatan usahatani. Untuk merencanakan kegiatan perlindungan tanaman, perlu diidentifikasi akar permasalahan yang dihadapi. Petani ladang selalu membuat pagar dengan menggunakan batang-batang kayu, pelepah gewang, bambu, atau bahkan menggunakan tumpukan bongkahan batu sebelum menanami ladang. Berdasarkan atas kenyataan ini, tentukan dan jelaskan organisme apa yang sebenarnya menjadi akar permasalahan perlindungan tanaman yang dihadapi petani peladang.
  10. Satu di antara OPT jagung, yang merusak jagung dalam penyimpanan adalah Sitophilus zeamais. Silahkan klik tautan (link) dan baca bagian Biology and Ecology, khususnya pengaruh suhu terhadap OPT tersebut. Mengingat pengaruh suhu terhadap OPT tersebut, jelaskan apakah pengendalian OPT tersebut di dataran tinggi, seperti di Fatumnasi pada ketinggian 1.600 m dpl, dengan teknik pengasapan dapat mengendalikan atau justru menguntungkan bagi perkembangan OPT tersebut.
  11. Pertanyaan Bonus 1. Sebutkan kabupaten/kota asal sekolah Anda sebelum kuliah. Tentukan satu nama tanaman penting di kabupaten/kota asal Anda disertai dengan penjelasan mengapa tanaman tersebut penting. Kemudian tentukan satu jenis OPT paling merusak pada tanaman tersebut dengan menuliskan nama umum dan nama ilmiah OPT serta penjelasan mengapa OPT tersebut paling merusak.
  12. Pertanyaan Bonus 2. Anda tentunya sudah mengunjungi Facebook Page Komunitas Pisang NTT. Sebutkan jenis atau kultivar pisang pada Page tersebut yang telah Anda kunjungi dan berikan komentar serta jelaskan mengapa jenis atau kultivar pisang tersebut menarik sehingga Anda mengomentari.
Lembar Jawaban Ujian
Lembar jawaban ujian disajikan pada bagian ini pada Jumat, 6 Januari 2018 mulai pukul 08.00 WITA. Untuk mennjawab pertanyaan, Anda harus mengetikkan jawaban di dalam kotak yang disediakan sesuai dengan nomor pertanyaan yang Anda jawab. Anda dapat terlebih dahulu mengetikkan jawaban dengan menggunakan program aplikasi pengolah kata, kemudian salin dan tempel jawaban di dalam kotak yang sesuai. Tempel jawaban dengan meletakkan kursor di dalam kotak, mengklik tombol kanan tetikus (mouse), lalu pilih tempel (paste). Setiap pertanyaan harus dijawab secara berurutan sebelum Anda dapat memasukkan jawaban.



Pengumpulan Lembar Jawaban Ujian
Sebelum mengumpulkan Lembar Jawaban Ujian, pastikan semua pertanyaan telah dijawab dengan sebaik-baiknya. Setelah semua pertanyaan dijawab, klik tombol Kirim di bagian bawah Lembar Jawaban Ujian untuk memasukkan ke dalam sistem. Anda boleh memasukkan lembar jawaban HANYA SATU KALI dengan menggunakan alamat email sendiriJawaban harus sudah masuk selambat-lambatnya pada Jumat, 6 Juli 2018 pukul 22.00 WITA. Jawaban yang masuk melampaui tenggat waktu tersebut tidak akan diperiksa.

Pengecekan Pengumpulan Lembar Jawaban Ujian
Setelah memasukkan Lembar Jawaban Ujian, klik DI SINI (klik tautan aktif untuk mengecek) untuk memastikan apakah Lembar Jawaban Ujian yang Anda masukkan sudah atau belum tertera dalam daftar Lembar Jawaban Ujian masuk. Bila Anda melakukan dengan benar, saya pastikan Lembar Jawaban Ujian Anda sudah tertera dalam daftar dalam waktu beberapa menit setelah Anda memasukkannya. Bila setelah menunggu lebih dari 10 menit ternyata Lembar Jawaban Ujian Anda juga belum tertera dalam daftar, silahkan minta ketua tingkat untuk menghubungi saya melalui pesan singkat.

Selamat mengikuti Ujian Tengah Semester mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018. Mudah-mudahan Anda semua tidak mengalami kesulitan dalam mengisi dan memasukkan lembar jawaban. Sekali lagi saya ingatkan, dalam menjawab setiap pertanyaan JANGAN PERNAH menyalin dan menempelkan lembar jawaban mahasiswa lain. Jika Anda measih saja melakukan itu maka Anda berarti telah MEMAKSA SAYA untuk melakukan pemotongan nilai terhadap Anda sendiri dan terhadap mahasiswa lain yang jawabannya Anda salin dan tempel. 



2 komentar:

  1. Terima kasih pak atas informasinya.Saya ingin bertanya mengenai batas pengumpulan jawaban ujian tanggal 8 Juli 2018 tepatnya hari Minggu,atau pada tanggal 6 Juli hari Jumat pukul 22.00Wita? mohon dilihat kembališŸ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya, sudah saya perbaiki. Lembar jawaban ujian dimasukkan pada Jumat, 6 Juli 2017 selambat-lambatnya pukul 22.00 WITA.

      Hapus

Untuk mengomentari tayangan ini, silahkan tulis dan poskan di bawah ini ...

Daftar Istilah

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y,
Z, daftar istilah entomologi dari EartLife