Telusuri Blog

Memuat...

Selamat Datang

Terima kasih, Anda telah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat terutama untuk membantu mahasiswa mempelajari Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Bila Anda adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, Anda diharapkan untuk mendaftar guna memperoleh layanan yang berkaitan dengan berbagai kegiatan perkuliahan. Namun blog ini juga terbuka bagi siapa saja untuk berkunjung dan mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan pelindungan tanaman. Selamat menjelajah dan bergabung, mohon meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar. Blog ini telah kembali dari serangan malware yang mengalihkannya ke bloggerhelper. Sebaiknya gunakan Chrome dan pasang ekstensi AddBlock Plus, DoNotTrackMe, dan Bitdefender TrafficLight.

Daftar Istilah

A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y,
Z, daftar istilah entomologi dari EartLife

Pemberitahuan

Mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman Semester Ganjil Tahun 2014/2015 diharuskan untuk mendaftar dengan melalui gadget Joint this site. Silahkan mendaftar dengan menggunakan akun email yang menggunakan nama asli, bukan dengan nama samaran. Setelah mendaftar, silahkan sampaikan komentar pada bagian bawah 2 tulisan termutakhir. Komentar terdiri atas pernyataan singkat mengenai isi setiap tulisan dan pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami. Komentar tidak boleh lebih dari 300 kata. Bahan ajar untuk mahasiswa Smt Ganjil 2014/2015 diberikan tanpa sandi, silahkan UNDUH sekarang.
JANGAN LUPA MENULIS KOMENTAR PADA 2 TULISAN TERMUTAKHIR

UNTUK MEMPEROLEH NILAI SOFTSKILL (25% DARI NILAI AKHIR SEMESTER)

LAKUKAN SEKARANG JUGA

Klik untuk Mengunduh Bahan Ajar

JANGAN LUPA MENGUMPULKAN TUGAS SESUAI JADWAL

JADWAL UJIAN AKAN DIUMUMKAN DI SINI

UJIAN DILAKUKAN ONLINE

Silabus

SILABUS DAN TUJUAN
MATAKULIAH DASAR-DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN

Matakuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman menguraikan permasalahan hama, gulma, dan penyakit tanaman dan permasalahan perlindungan tanaman yang dihadapi saat ini. Penguraian permasalahan dimulai dengan pengenalan berbagai jenis hama, penyakit, dan gulma yang menjadi kendala produksi dan kemudian dilanjutkan dengan permasalahan pada tataran perundang-undangan dan kebijakan pemerintah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut selanjutnya diuraikan sistem pengendalian hama terpadu sebagai sistem perlindungan tanaman dan kemudian juga dipaparkan pendekatan ketahanan hayati yang kini dikembangkan di negara-negara maju. Tindakan perlindungan tanaman perlu direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi keberhasilannya melalui pengelolaan kegiatan/program perlindungan tanaman. Pada akhir perkuliahan dipaparkan tantangan yang dihadapi perlindungan tanaman ke depan. Dengan mempelajari matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami bahwa hama, penyakit, dan gulma merupakan permasalahan penting yang untuk mengatasinya perlu digunakan pendekatan yang berwawasan lingkungan guna dapat mewujudkan pertanian berkelanjutan.
Penyakit apakah ini?
Hama apakah ini?